Kampung Inggris Muhammadiyah ala PRM Bangunjiwo Barat

Ketua Program Pengabdian Masyarakat UMY, Endro Dwi Hatmanto, didampingi Fitria Rahmawati, dosen Pendidikan Bahasa Inggris UM, mengatakan bahwa sebagai langkah awal untuk mewujudkan Kampung Inggris, adalah melaksanakan kursus Bahasa Inggris bagi kader Muhammadiyah dan masyarakat umum. Sehingga, literasi bahasa asing dapat ditingkatkan.

Peningkatan literasi ini akan menjadi kunci peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang memiliki nilai tambah bagi warga Bangunjiwo.

Program awal di Gedung Ranting Muhammadiyah Bangunjiwo Barat berlangsung satu hari penuh dengan mengundang beberapa narasumber. Yono Malakiano, salah satu narasumber yang juga praktisi dan pemilik kursus bahasa Inggris di Yogyakarta, memaparkan strategi mengelola kursus Bahasa Inggris secara profesional.

“Sehingga nantinya Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bangunjiwo Barat mampu menggunakan manajemen yang tepat dalam pengelolaan kursus Bahasa Inggris,” kata Yono.

Sedangkan Nana Yuliana, alumni Pendidikan Bahasa Inggris UMY, dan Iren Luqman Hakim, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMY, memberikan motivasi kepada peserta untuk dapat menguasai Bahasa Inggris sekaligus menjelaskan pengalaman mereka ketika tinggal di sebuah kampung Inggris di Jawa Timur.

Follow up rogram ini, kata Endro, diteruskan dengan membuka kesempatan bagi warga Bangunjiwo untuk mengikuti berbagai program PRM Bangunjiwo Barat seperti English Days dan pelatihan Bahasa Inggris. (Affan)


Sumber Berita: Laman FB Agus Mulyono, Ketua PRM Bangunjiwo Barat