Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Hibah KemenristekBRIN, MPMAT UAD Yogyakarta Adakan Pelatihan Pengembangan SSP Berbasis LMS

YOGYAKARTA — Dalam rangka implementasi hibah pengabdian skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tahun 2020 yang diusulkan Dr Suparman, M.Si, DEA (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Matematika UAD) sebagai Ketua Pengusul Hibah dan Iwan Hartadi Tri Untoro, M.Kom (Dosen Sistem Informasi UTY) sebagai anggota tim hibah dilaksanakan pelatihan “Pengembangan Subject Spesific Pedadogy (SSP) Berbasis Learning Management System (LMS)” pada Senin (3/8/2020).

Pelatihan yang diikuti 25 orang guru Matematika SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman itu

dilaksanakan selama 6 hari pada 3-8 Agustus 2020 pukul 08.00-17.00 WIB secara daring menggunakan Edmodo, Zoom Meeting dan WhatsApp (WA) Group bertempat di UAD Yogyakarta dan sekolah mitra masing-masing.

Kegiatan yang diselenggarakan bermitra dengan Majelis Dikdasmen PDM Sleman didampingi Dr Andriyani, M.Si sebagai fasilitator pelatihan serta Anggit Prabowo, M.Pd yang juga sebagai fasilitator pelatihan.

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Sleman, Dr H Suwardi, MAg, MPd, ketika membuka kegiatan itu mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini untuk pelatihan sangat berguna. Dan, guru harus menjadi perantara kebaikan sesuai QS An Nisa ayat 85.

Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Sleman mengapresiasi yang telah dilakukan Dr Suparman, M.Si, DEA dalam kerjasama kali kedua untuk peningkatan kualitas guru Matematika SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman.

“Saya berharap semua guru-guru yang ikut pelatihan ini bisa meningkatkan mutu sekolah Muhammadiyah,” kata Suwadi, yang juga sampaikan beberapa hal untuk memotivasi guru-guru dalam melaksanakan tugas pokoknya dengan benar.

Dikatakan Suwadi, sikap seorang Muslim dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini dengan tawakal, ikhtiar dan tidak mengeluh. “Untuk itu perlu adanya transformasi kemampuan guru dalam menuju perubahan-perubahan,” katanya.

Menurutnya, Covid-19 telah mengubah zona nyaman. Dan bahaya berada di zona nyaman ini adalah menghalangi pertumbuhan, membawa pada kesulitan, menyebabkan kebosanan dan ketidakpuasan, memicu pola pikir negatif, menyebabkan kurangnya semangat dan tujuan. “Juga membuat kita kehilangan kesempatan,” papar Suwadi.

Dikatakannya, tugas guru di era Covid-19 ini untuk ciptakan hal-hal baru, dibentuk ulang pembelajaran dengan dukungan IT, mengurangi hal-hal yang kurang bermanfaat. “Selain juga membangun kapasitas guru Muhammadiyah dengan lompatan, kecepatan dan kejutan,” tandasnya.

Menurutnya, Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Sleman berkomitmen menghadapi tantangan pendidikan di era Covid-19 dengan karakter umum meliputi ta’awun, ta’alum dan tawasut. “Selain juga selalu konsisten dan menjaga integritas,” katanya.

Ketua Prodi MPMAT Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Dr Suparman, M.Si, DEA berharap kepada guru-guru Matematika SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman untuk selalu memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Bagi Suparman, output dari pelatihan ini adalah peserta dapat mengembangkan silabus, RPP, modul, lembar kerja peserta didik, dan butir soal.

Selain itu, kata Suparman, peserta dapat membuat kelas e-leaning dengan menggunakan Learning Management System Edmodo. “Tak kalah pentingnya bisa mengupload modul, menyusun lembar kerja peserta didik dan butir soal sebagai konten di LMS Edmodo,” katanya.

Dikatakan Suparman, setelah pelatihan, semua peserta diharapkan dapat mengimplementasi e-learning di sekolah masing-masing. 

Diharapkan, peserta pelatihan dapat belajar dengan baik. “Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 ini,” tandas Suparman. 

Bagi Suparman, pandemi Covid-19 telah memaksa kita untuk mengaplikasikan ketrampilan abad-21. Di antaranya ketrampilan beradaptasi dan literasi TIK dalam menjalankan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. 

“Sehingga setelah pelatihan para peserta dapat mengimplementasikan di sekolah masing-masing untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang lebih berkualitas dan berkemajuan di era new normal ini,” kata Suparman, yang menambahkan pelatihan ini merupakan salah satu solusi di era new normal. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here