Dapatkan Tenant Terpilih, PPK FTI UAD Gunakan Model Pitching

YOGYAKARTA — Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan seleksi akhir dari serangkaian kegiatan dengan melakukan presentasi rencana bisnis, 25-28 Juli 2020. Kegiatan ini diikuti 17 tenant (dari 20 tenant) yang lolos seleksi secara online menggunakan platform zoom online meeting.

Dari presentasi ini akan dipilih 6 tenant yang berhak mendapatkan pendampingan bisnis dan hibah. Masing-masing tenant mempresentasikan rencana bisnisnya dalam kurun waktu 3-5 menit atau dikenal dengan istilah pitching. Tim PPK FTI UAD terdiri Farid Ma’ruf, S.T., M.Eng. (ketua), dengan anggota Jefree Fahana, S.T., M.Kom., Syifa Fitriani, S.T., M.Sc., dan Amalya Nurul Khairi, S.T.P., M.Sc.

Farid Ma’ruf mengatakan, pitching merupakan model presentasi yang sangat populer digunakan dalam dunia kewirausahaan. Tidak hanya tentang materi presentasi yang dibuat semenarik mungkin, juga pada teknik penyampaian yang tepat dan lugas. Sehingga dalam waktu singkat harus mampu meyakinkan calon investor bahwa usahanya mampu sustain dan memiliki nilai lebih dibanding yang lain.

Selain model presentasi, materi rencana bisnis disampaikan secara ringkas menggunakan bisnis canvas. Sama halnya pitching, model ini juga populer digunakan dalam penyusunan rencana bisnis. Tampilannya sederhana tetapi lengkap akan informasi usaha. Model bisnis canvas berisi 9 informasi penting, yakni key partners, key activities, value propositions, customer relationships, customer segments, key resources, cost structure, channels, dan revenue streams.

Seluruh tenant sangat antusias mengikuti pitching, walau waktu penyelenggaraannya dimulai pukul 19.30 hingga selesai. Waktu malam hari dan kendala sinyal tidak menyurutkan semangat untuk bisa mengikuti sesi ini. Mereka memberikan penampilan terbaiknya karena tantangan pada PPK FTI tidak sekadar berwirausaha tetapi juga berdaya, yakni masyarakat memperoleh manfaat dari usaha ini. Hal tersebut sesuai semangat PPK FTI yakni sociopreneurship dengan slogan berdaya dan sejahtera.