Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Dosen PBA dan PBI UMY Adakan Workshop Virtual Reality untuk Guru Bahasa Inggris SMP

BANTUL — Pengembangan inovasi bidang pendidikan sangat penting dilakukan, khususnya metode pengajaran bagi guru sehingga dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Karena itulah, dosen Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan workshop pembelajaran Bahasa Inggris interaktif dengan implementasi virtual reality bagi guru Bahasa Inggris SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Program pengabdian masyarakat ini berlangsung di Ruang Kelas E7.102 Gedung KH. Ibrahim UMY, Kamis 30 Juli 2020.

Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum., dosen PBI UMY mengatakan bahwa sasaran kegiatan ini adalah perwakilan guru SMP Muhammadiyah Kota Yogyakarta, yaitu SMP Muhammadiyah 1, 2, 3, 4, dan SMP Muhammadiyah 5 bertujuan membantu pembelajaran dalam penggunaan teknologi pada siswa dengan literasi teknologi melalui virtual reality.

”Virtual reality sedang menjadi tren dalam dunia pendidikan, terlebih pada masa pandemi ini. Ini menjadi alternatif pembelajaran virtual tour dengan menggunakan padlet production,” jelasnya.


Menurut Lanoke Intan Paradita, S.S., M.Hum., dosen PBA UMY, inovasi pembelajaran ini seharusnya dilakukan dengan kontekstual dan bersifat meaningful. Hadirnya virtual reality membantu guru untuk membawa pengalaman yang mungkin tidak dirasakan secara langsung tapi bisa dihadirkan secara virtual kepada siswa sehingga pembelajaran yang bersifat meaningful ini bisa tercapai.

“Dengan metode ini kita melakukan pembelajaran berdasarkan pengalaman. Pembelajaran bisa membawa siswa merasakan detail dari gambaran yang disajikan melalui virtual reality,” tambahnya.

Program pengabdian ini tidak cukup dengan workshop bagi guru Bahasa Inggris. Program berikutnya adalah pembuatan video 360 virtual reality yang akan menjadi bahan pembelajaran SMP Muhammadiyah di Yogyakarta.

”Selain mengadakan workshop, project kami yang lain adalah membuat video 360 virtual reality sendiri yaitu video 360 Taman Sari Yogyakarta. Video ini akan kami berikan kepada sekolah-sekolah Muhammadiyah di Yogyakarta sebagai bahan pembelajaran Bahasa Inggris. Pembuatan video disesuaikan dengan kurikulum sekolah,” kata Lanoke. (*)


Sumber berita: Rilis Biro Humas dan Protokol UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here