16 PWA Laksanakan Program Kelentingan Keluarga dalam Masa Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA — Sebanyak 16 Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) se Indonesia terpilih menjadi tempat program Membangun Kelentingan Keluarga dan Komunitas dalam Masa Pandemi Covid-19. Program ini dilaksanakan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, mulai Juli hingga Oktober 2020.

Ke-16 PWA adalah PWA Bali, Banten, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Program yang didukung The Asia Foundation ini melengkapi dan meluaskan program ‘Aisyiyah, seperti Lumbung Hidup, membuat lauk ikan lele, sayur-sayur, serta saling membeli di lingkungan sendiri.

“Gerakan Ta’awun ‘Aisyiyah menghadapi pandemi Covid-19 sudah kita laksanakan selama lima bulan lebih, kerjasama dengan The Asia Foundation ini semakin menguatkan pekerjaan rumah kita semua,” kata Ketua Umum PP ‘Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini, saat memberikan keynote speech silaturahmi dan dialog secara virtual, Ahad 30 Agustus 2020. Acara ini juga dihadiri Country Representative The Asia Foundation Indonesia, dan diikuti 182 peserta.

Noordjannah mengatakan, protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, cuci tangan, harus terus disosialisasikan dan diikuti. Selain itu seluruh warga persyarikatan harus mengikuti protokol ibadah dalam masa pandemi Covid-19.

Program ini bertujuan membangun ketangguhan (resilience) atau daya lenting keluarga dan komunitas dalam menghadapi pandemi Covid-19, sosialisasi dan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19, serta penguatan ketahanan ekonomi serta ketahanan pangan bagi keluarga dan komunitas melalui ternak, komposting, serta budi daya tanaman sayuran.