UMY Raih Peringkat ke-14 SIMKATMAWA

BANTUL — Di penghujung bulan Agustus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih prestasi melalui Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi pada SIMKATMAWA (Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan) tahun 2020 dimana UMY meraih peringkat ke-14 dengan nilai 46,99.

Pemeringkatan yang diadakan setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) ini merupakan pemeringkatan yang masih terintegrasi dengan pemeringkatan universitas.

Komponen penilaian yang ada pada pemeringkatan ini ialah seluruh kegiatan kemahasiswaan seperti lomba, seminar, summer school, dan student exchange dalam satu tahun yang dihitung dan kemudian diberikan nilai.

Kegiatan sendiri terbagi menjadi dua bentuk yaitu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan yang diselenggarakan di luar Kemendikbud, seperti oleh universitas atau oleh organisasi baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik. Pemeringkatan ini bersifat nasional dan diikuti oleh seluruh uninversitas yang ada di bawah Kemendikbud.