Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UMY Raih Peringkat ke-14 SIMKATMAWA

BANTUL — Di penghujung bulan Agustus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih prestasi melalui Pemeringkatan Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi pada SIMKATMAWA (Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan) tahun 2020 dimana UMY meraih peringkat ke-14 dengan nilai 46,99.

Pemeringkatan yang diadakan setiap tahunnya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemendikbud) ini merupakan pemeringkatan yang masih terintegrasi dengan pemeringkatan universitas.

Komponen penilaian yang ada pada pemeringkatan ini ialah seluruh kegiatan kemahasiswaan seperti lomba, seminar, summer school, dan student exchange dalam satu tahun yang dihitung dan kemudian diberikan nilai.

Kegiatan sendiri terbagi menjadi dua bentuk yaitu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan yang diselenggarakan di luar Kemendikbud, seperti oleh universitas atau oleh organisasi baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik. Pemeringkatan ini bersifat nasional dan diikuti oleh seluruh uninversitas yang ada di bawah Kemendikbud.

Terkait meningkatnya peringkat UMY pada SIMKATMAWA ini, Faris Al-Adhat, Ph.D., kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) UMY mengungkapkan bahwa salah satu hal yang penting untuk mendorong naiknya peringkat ini adalah mendorong para mahasiswa untuk selalu aktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

“Pihak universitas selalu memotivasi mahasiswa dengan memberikan fasilitas berupa pendidikan dan pendampingan intensif saat akan ataupun setelah mengikuti kegiatan. Selain itu, pendataan kegiatan yang dilakukan mahasiswa juga dimaksimalkan dengan membentuk tim khusus untuk SIMKATMAWA,” tambahnya saat ditemui oleh BHP, Sabtu (29/08).

Selain itu, menurut Faris, mahasiswa merupakan kunci dari pemeringkatan ini.

“Mahasiswa memiliki andil yang besar. Jika ingin berterimakasih, yang harus lebih dulu mendapat ucapan terima kasih adalah mahasiswa dengan prestasi dan keaktifannya dalam berkegiatan,” imbuhnya.

Faris menambahkan bahwa pemeringkatan ini bukanlah tujuan melainkan dampak dari apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa dan universitas, bahkan bisa dikatakan sebagai motivasi universitas untuk terus meningkatkan pelayanannya agar dapat mendorong mahasiswa untuk terus aktif dan berprestasi. (ays)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here