Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

UMY Targetkan Seluruh Jurnalnya Terakreditasi

BANTUL — Untuk meningkatkan jumlah publikasi ilmiah di Indonesia, perguruan tinggi mewajibkan calon lulusan S-1, S-2, dan S-3 di Indonesia untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka di jurnal ilmiah. Selain calon lulusan, dosen di perguruan tinggi juga wajib mempublikasikan karya ilmiah penelitiannya melalui buku, prosiding, maupun jurnal ilmiah baik di tingkat nasional maupun Internasional.

Merujuk Permenristekdikti Nomor 9 Tahun 2018 tentang Akreditasi  Jurnal Ilmiah. Maka pada periode akademik 2020/2021 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pun akan memiliki fokus pada peningkatan sumber daya dan riset, agar jurnal ilmiah terakreditasi UMY semakin berkualitas.

Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T, Wakil Rektor bidang Akademik mengatakan bahwa capaian akreditasi jurnal UMY sudah meningkat, namun masih ada pekerjaan rumah (PR) besar lain untuk dilakukan.  

“Peningkatan luar biasa sudah dicapai oleh UMY, dalam satu tahun ada penambahan jurnal sebanyak 11 jurnal sehingga total jurnal yakni sebanyak 41 jurnal dan yang terakreditasi sebanyak 21 jurnal. Jadi ada 20 jurnal lagi yang belum terakreditasi. Ini PR terbesarnya, menjadikan 20 jurnal lainnya untuk bisa terakreditasi, agar kualitas jurnal yang ada di UMY semakin baik,” papar Sukamta, saat menyampaikan sambutan dalam acara workshop Tata Kelola Jurnal Berdikari yang diadakan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada hari Sabtu (29/8) bertempat di Café 1912 UMY.

Langkah awal yang dilakukan UMY untuk meningkatkan kualitas jurnalnya yakni dengan membangun research center dan mengklasterisasi dosen-dosen untuk melakukan riset sesuai dengan keahliannya.

“Untuk dosen yang memiliki sitasi terbanyak dan SINTA tertinggi atau jurnalnya berhasil terakreditasi itu akan mendapatkan penghargaan. Hal itu kami lakukan untuk mengapresiasi kinerja dari dosen tersebut,” imbuh Sukamta. 

Kegiatan workhsop ini dihadiri oleh beberapa universitas yang tergabung dalam pengelola Jurnal Berdikari UMY, diantaranya yakni perwakilan dari UGM dan UAD yang tergabung dalam tim editor/penyunting, dan beberapa universitas sebagai Mitra Bestari (Reviewer) adalah UM Surakarta, UM Malang, UPN, UNHAS, UGM, dan MPM PP Muh beberapa hadir secara langsung dan untuk Universitas di luar Yogyakarta mengikuti workshop secara daring.  (dea)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here