Audit Keuangan UMY Capai Opini Wajar Tanpa Pengecualian

BANTUL — Setiap institusi seperti perguruan tinggi memiliki sistem pengelolaan keuangannya tersendiri yang akan diaudit setiap tahunnya untuk melihat transparansi dan tingkat akuntabel serta kesehatan keuangan, termasuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada tahun 2020, audit keuangan UMY mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

WTP merupakan hasil dari audit keuangan yang diberikan oleh auditor jika tidak ditemukan kesalahan secara keseluruhan dari laporan keuangan serta jika laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntasi yang berlaku. WTP merupakan opini tertinggi dari sistem audit keuangan.

Kantor Akuntan Publik, selaku auditor keuangan memberikan opini WTP kepada UMY dengan serapan dana sebanyak 85 persen hingga 90 persen dengan berdasar pada standar yang telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) yaitu Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) dan PSAK 45 tentang Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba. Hal ini berarti, bahwa UMY memiliki sistem yang baik dalam mengelola keuangan untuk perencanaan, penganggaran, pencairan, serta pertanggungjawaban anggaran.