LLHPB ‘Aisyiyah DIY Edukasi Ketangguhan Keluarga

YOGYAKARTA — Webinar Seri 3 Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tema “Edukasi di Masa Covid-19” dengan narasumber Ummy Aisyah N, SST.FT, M.Fis, AIFO-Fi (Dosen Prodi Fisioterapi Universitas Aisyiyah Yogyakarta) dan Sunarti, SKM, M.Si (Dosen Prodi Gizi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta) dilaksanakan Senin (21/9/2020).

Ketika menyinggung upaya peningkatan ketahanan tubuh anak era pandemi COVID-19 dari perspektif fisioterapi, Ummy Aisyah menjelaskan dampak yang banyak dihadapi anak di masa pandemi COVID-19 ini.

Menurut Ummy Aisyah, selama pandemi COVID-19 anak belajar di rumah. Dan orang tua tidak jarang memberikan makanan atau cemilan untuk belajar. “Namun si anak kurang bergerak melakukan aktifitas fisik,” terangnya.

Hal ini, kata Ummy, yang mengakibatkan banyak anak terkena obesitas. “Selain obesitas, dampak yang terjadi pada anak karena kurangnya aktifitas fisik juga dapat mengakibatkan terhambatnya perkembangan tubuh anak,” kata Ummy Aisyah, yang menambahkan akibat dari kurangnya nutrisi dalam tubuh mengakibatkan depresi karena akibat produksi hormon endorphin yang kurang.