Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

UAD YOGYAKARTA TERJUNKAN MAHASISWA KKN

YOGYAKARTA — Sebanyak 2.222 orang mahasiswa yang ikuti KKN Reguler Desa, KKN Pembelajaran dan Pemberdayaan untuk Negeri (PPuN), KKN Pencerahan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) periode 65 dan KKN Internasional periode 66 dilepas Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional, Prof Dr Sarbiran, di Masjid Islamic Center UAD, Sabtu (20/1).

Mahasiswa KKN semester gasal 2017/2018 yang didampingi 83 orang DPL dan 6 orang koordinator lapangan akan ditempatkan di Jawa Tengah dan DIY (KKN Reguler P3M), Jawa Timur (KKN Reguler PPuN), Kalimantan Barat (KKN Reguler Anak Bangsa 3) dan Thailand (KKN Internasional) sebelumnya di Mesir, Philipina, Kamboja dan Thailand.

Menurut Kepala LPM UAD, Drs H Jabrohim, MM, model KKN yang dirancang meliputi KKN Alternatif berupa KKN Bina Masjid dan KKN Bina Komunitas, yang diterjunkan di Kota Yogyakarta. “Sedangkan di Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul diterjunkan KKN reguler,” papar Jabrohim.

Kali ini, UAD menerjunkan 2.199 orang mahasiswa untuk ikuti KKN di 8 kabupaten/kota di 4 provinsi berupa KKN Alternatif, KKN Reguler, KKN Khusus dan KKN P3M. Juga ada KKN di perbatasan dan Daerah 3T melalui KKN Anak Bangsa, KKN bersama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (KKN Muhammadiyah untuk Negeri).

Menurut Jabrohim, penggagas KKN PPuN, UAD merancang dan melaksanakan KKN Khusus berupa KKN Pembelajaran dan Pemberdayaan untuk Negeri (PPuN). “Kegiatan itu mengacu pada konsep KKN Muhammadiyah untuk Negeri dan KKN P3M,” terang Jabrohim.

KKNMu dirancang dan dipelopori pelaksanaannya oleh UAD untuk dikerjasamakan dengan seluruh PTM sebanyak 170 lebih. Diterangkan Dr Rina Ratih, Kepala Pusat KKN UAD, KKNMu sudah dilaksanakan 4 kali: Metro (Lampung), Bojonegoro (Jatim), Gorontalo, dan Ogan Ilir (Sumsel). Untuk ke-5 akan dilaksanakan Juli-Agustus 2018 di Purbalingga (Jateng) dengan tuan rumah Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan telah terdaftar 40 PTM.

Sedangkan KKN PPuN semester depan akan dilaksanakan di Kabupaten Lebak (Jabar), yang diberi nama KKN Baduy, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Tangerang.

KKN PPuN ini, menurut Rina Ratih, dirancang dikerjasamakan dengan PTM yang berada atau terdekat dengan lokasi yang dipilih UAD. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here