News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

PW IPM DIY Adakan Taruna Melati Utama yang Pertama

YOGYA – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Daerah Istimewa Yogyakarta resmi menggelar Pelatihan Kader Paripurna Taruna Melati Utama (PKP TMU) untuk pertama kalinya. Pembukaan TMU DIY digelar pada hari Ahad (18/6) malam, di Ruang Sidang DPRD Kota Yogyakarta, Jalan Ipda Tut Harsono no. 43, Umbulharjo, Yogyakarta.

DIY menjadi wilayah kedua yang menyelenggarakan TMU. Sebelumnya, ada PW IPM Jawa Tengah yang pertama kali menyelenggarakan TMU di tingkat wilayah pada 20-27 Mei 2023.

Diadakannya PKP TMU ini sebagai pengganti dari Pelatihan Kader Madya (PKM) Taruna Melati 3 sekaligus untuk mengimplementasikan Sistem Perkaderan IPM (SPI) yang baru dari PP IPM oleh PW IPM DIY sebagai salah satu dari tim perumus SPI.

“Ini juga menjadi komitmen bagi PW IPM DIY sebagai anggota tim perumus SPI yang baru, dimana salah satu programnya menjadikan TMU sebagai program perkaderan tingkat wilayah,” jelas Ketua Umum PW IPM DIY Racha Julian Chairurrizal.

Sebelumnya, TMU diadakan oleh PP IPM dan hanya beberapa kader saja, seperti di pusat dan ketua wilayah yang bisa ikut, sehingga terkesan eksklusif. Maka, diadakannya TMU oleh PW IPM, kata Racha, supaya membuat kader dari tingkat daerah bisa mengikutinya.

Adapun, dari segi materi juga disetarakan dengan TMU yang diadakan oleh PP IPM sebelumnya. Selain materi wajib berupa keislaman, kemuhammadiyahan, dan ke-IPM-an, terdapat kelas wawasan umum yang menyesuaikan personal interest dan expertise dari peserta.

Uniknya, pengelompokan kelas wawasan umum ini bukan ditentukan dari fasilitator, melainkan oleh para psikolog yang mengisi kelas Pra-TMU sebelumnya. Ini bertujuan agar para peserta nantinya bisa menemukan potensi minat dan bakat diri masing-masing.

“Jadi, kami tidak asal mengelompokkan, tetapi dari ahlinya langsung,” ujar Racha.

Kemudian, Irpan Kastella dari PP IPM juga sepakat bahwa diadakannya TMU di tingkat wilayah ini sangat dibutuhkan dari segi perkaderan. Hal ini untuk menyamakan identitas kader, artinya bukan hanya orang tertentu yang berkesempatan ikut TMU.

Selain itu, diadakannya TMU oleh PW IPM DIY ini sekaligus menjadi ujicoba perubahan SPI Kuning ke SPI baru yang akan disahkan pada Muktamar XXIII IPM di Medan, tanggal 18-20 Agustus 2023 nanti.

“Ini menjadi terobosan yang inovatif dari bidang perkaderan, karena di sini kita bisa merasakan euforia partisipasi kawan-kawan dari setiap wilayah dan daerah di TMU ini,” kata Irpan.

TMU IPM DIY berlangsung pada tanggal 19-23 Juni 2023, di Balai Latihan Pendidikan Teknik, Jalan Kyai Mojo no. 70, Tegalrejo, Yogyakarta. Terdapat 31 peserta yang ikut dalam TMU ini, selain dari DIY ada juga yang dari wilayah luar DIY, seperti Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Papua Barat. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here