News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

MDMC PP Muhammadiyah dan PCIM Maroko Tanggapi Gempa Maroko dengan Bentuk Tim Bantuan Kemanusiaan

MAROKO-Dari belahan dunia lain, tepatnya di Maroko, gempa bumi melanda kawasan tersebut dengan kekuatan 6.8 SR pada Jumat, 8 September 2023. Setidaknya, ada 1.832 jiwa mengalami luka dan sekitar 2.012 orang meninggal dunia.

Dengan cepat tanggap, Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kerajaan Maroko, merespon bencana alam tersebut dengan membentuk tim guna membantu masyarakat Maroko selama 14 hari masa darurat pasca-gempa. Tim ini nantinya berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Maroko dan Hilal Ahmar di Provinsi Chichaoua.

“Dalam rangka memberikan bantuan kemanusiaan yang efektif dan tepat waktu, PCIM Maroko berencana untuk mengoperasikan tim bantuan selama 14 hari dalam fase tanggap darurat,” kata Jundi Abdurrahman, anggota PCIM Maroko,  pada Ahad (10/9). 

Dalam kerja-kerja kemanusiaannya, tim respon cepat membantu pendistribusian kebutuhan dasar, makanan, air bersih, dan perlengkapan kesehatan kepada para korban gempa. Tim ini juga berfokus pada program bantuan dan dukungan pada kelompok rentan seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, lansia, dan disabilitas.

Sementara itu, Budi Setiawan, Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, menginformasikan bahwa MDMC juga sedang menjalin komunikasi bersama lembaga kemanusiaan lain dan juga pemerintah untuk bisa merespon bencana alam di Maroko.

MDMC sedang melakukan analisa dan mencoba menjajaki sejauh mana bisa berperan dalam membantu meringankan beban warga Maroko yang menjadi korban. Bersama PCIM Maroko, kata budi, sedang melakukan kajian cepat dan tepat untuk menentukan bantuan yang efektif di lokasi terdampak.

 Dalam keterangannya, Budi juga menyampaikan duka yang mendalam atas musibah yang terjadi. “Sebagai warga yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, kami menyampaikan rasa duka dan empati yang mendalam atas musibah di Maroko,” ujarnya.

Diketahui, gempa bumi dirasakan hampir diseluruh bagian negara Maroko termasuk Provinsi Al-Haouz, Taroudant, Chichaoua, Ouarzazate, Marrakech, Azilal, Agadir, Casablanca dan Youssoufia. Adapun korban terbanyak 694 jiwa meninggal dunia berasal dari Provinsi Al-Haouz. Sejauh ini proses evakuasi sedang berjalan, kemungkinan jumlah korban yang akan bertambah seiring belum terevakuasinya beberapa area.

 

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Respon Gempa Bumi Maroko, MDMC PP Muhammadiyah dan PCIM Maroko Bentuk Tim Lapangan

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here