Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Sentra HKI UAD Goes To Japan

YOGYAKARTA — Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) UAD berdiri pada tahun 2012 dengan tugas pokok dan fungsi mengelola potensi kekayaan intelektual di UAD khususnya paten, hak cipta dan merek. Selain itu, Sentra HKI UAD mendorong hilirisasi hasil penelitian menjadi produk komersial. “Alhamdulilah Sentra HKI UAD mendapatkan kesempatan diundang oleh Japan Patent Organization (JPO) mengikuti training Promoting Public Awareness of Intellectual Property (IPPA) dari 6-10 Agustus 2018) di Tokyo Kenshu Center.” kata Kepala Sentra HKI UAD,  Dr. Kintoko.

Sebagaimana diketahui, bahwa aktivitas R&D dan bisnis merupakan 2 hal yang berkaitan erat dengan kekayaan intelektual khususnya paten. Oleh sebab itu, sistem proteksi paten adalah kata kunci dalam pengembangan industrialisasi berbasis paten.

“Program ini merupakan beasiswa dimana setiap negara diambil perwakilannya 2 delegasi, dan Sentra HKI UAD adalah yang dipilih dan direkomendasikan oleh Direktorat Kerjasama Luar Negeri, Dirjen Hak Kekayaan Intelektual, Kemenkumham. ” Ungkap Kintoko.

Sentra HKI UAD diwakili langsung oleh Kepala Sentra HKI UAD, Dr. Kintoko, M,Sc., Apt.

Materi pelatihan dibagi menjadi 2, yaitu kunjungan dan paparan di kelas. Kunjungan di hari pertama ke National Center for Industrial Property Information and Training (INPIT). Selain itu, juga diberikan paparan materi pelatihan tentang industrial development and the patent system in Japan oleh Prof. Yumi OGOSE, adalah guru besar di Graduate School of management, department of management of Technology dari Tokyo University of Science. Hari kedua, pemaparan materi JPO’s Approaches for promoting public awareness of intellectual property dilanjutkan dengan diskusi tentang kondisi/isu terkini dari masing-masing negara. Adapun negara-negara yang hadir selain Indonesia adalah Mexico, Brazil, India, Malaysia, Vietnam, Thailand, Uni Emirat Arab, Filipina, Loas dan Myanmar. Hari ketiga, materi pelatihan tentang bagaimana mengembangkan kreativitas dengan trainer Mr. Kijuro KAWAKITA, Presiden KAWAKITA & ASSOCIATES. Dilanjutkan materi kedua oleh Mr. Chikashi TAMURA tentang Menimbulkan kesadaran umum seputar kekayaan intelektual. Hari keempat paparan materi tentang National Approaches to promoting public awareness of IP oleh Mr. Tsuyoshi NISHIKAWA dan materi kedua tentang promoting public awareness of IP within Companies oleh Mr. Mitsuhiro TAKASAKI. Hari kelima diskusi secara keseluruhan yang dipandu oleh Mr. Takao OGIYA, General Director Asia Pacific Industrial Property Center.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here