Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

Peringati Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018, RSGM UMY Adakan Pemeriksaan Gigi Gratis

YOGYAKARTA — Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar acara rutin tahunan yaitu Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2018 berupa pemeriksaan gigi gratis bagi masyarakat umum di Yogyakarta yang bertempat di Asri Medical Centre (AMC). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari Senin (5/11) hingga Rabu (7/11), dan bekerjasama dengan Unilever (Pepsodent).

Pada hari pertama pelaksanaan (5/11), masyarakat Yogyakarta sangat antusias mengikuti acara ini. Hal itu terbukti dari tercapainya target 300 pasien perhari oleh panitia dan seluruh kupon pendaftaran sudah habis sebelum jam penutupan pada pukul 11.00 WIB. Panitia BKGN 2018 menargetkan 900 pasien dari tiga hari pelaksanaan pemeriksaan gigi gratis ini.

Pihak RSGM dan panitia sendiri memiliki misi dari pelaksanaan gigi gratis ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut dari masyarakat Yogyakarta. “Kami mengajak masyarakat untuk menyadari tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari sini kami berharap masyarakat tidak takut untuk kontrol gigi, memeriksakan kesehatan gigi dan mulutnya,” kata Dinda Tri Rahmawan selaku ketua panitia BKGN 2018.

BKGN 2018 juga bekerjasama dengan PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) dimana terdapat sebanyak 45 dokter gigi yang terlibat dalam acara ini. Sedangkan pada mekanisme acaranya, setiap pasien yang telah mendaftar akan melewati dua tahap sebelum masuk ke ruang pemeriksaan.

“Pasien awalnya akan didata di ruang registrasi dan diarahkan ke pos dua untuk mengambil 10 nomor antrian yang nantinya akan dibawa ke lantai 4 untuk melakukan screening oleh dokter-dokter tersebut. Dalam proses itu pasien akan ditanyakan keluhan atau pemeriksaan apa yang pasien inginkan juga riwayat penyakit yang diderita seperti jantung dan sebagainya. Sementara itu ada 2 bangsal besar yang tersedia dimana setiap bangsal terdiri dari 25 kursi gigi, dan 2 bangsal kecil yang memiliki 13 kursi gigi perbangsalnya. BKGN 2018 ini menyediakan perawatan gigi berupa pembersihan karang gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi,” sambung Dinda.

Dari rangkaian kegiatan pemeriksaan gigi gratis ini selain diikuti oleh remaja, dewasa serta lansia, terdapat juga tempat edukasi yang diperuntukkan untuk anak-anak. Dinda menambahkan bahwa kegiatan itu dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi. Pada hari ketiga nanti anak-anak akan diajak untuk praktek sikat gigi masal. (Habibi)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183
Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here