Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis Amankan Perunggu di OlympicAD 7, SMP Muhammadiyah 3 Depok Tetap Incar Emas SD Muhammadiyah Condongcatur Raih Medali Emas Cabang Musik Akustik OlympicAD 7

Budayakan Perilaku Sahara: Adakan Pelatihan Safety dan Defensive Riding

YOGYAKARTA — Dalam rangka membudayakan perilaku Sahara (sadar bahaya berkendara) pada Rabu, 31 Juli 2019 bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berlangsung pelatihan safety dan defensive riding oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, yant dibuka Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Drs H Suprihandono, MM.

Pada kesempatan itu, Tim Pengusul Pengabdian Masyarakat terdiri dari Dr R Sitti Nur Djannah, M.Kes, Machfudz Eko Arianto, SKM, M.Sc, dan Subhan Zul Ardi, SKM, M.Sc selaku ketua, mengadakan pelatihan  pelatihan safety dan defensive riding dalam rangka membudayakan perilaku sadar bahaya berkendara bagi siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Drs H Suprihandono, MM, mengatakan, pelatihan safety dan defensive riding ini penting dilakukan yang tujuannya adalah untuk meningkatkan soft skill siswa. “Sehingga siswa paham cara mengendarai sepeda motor dengan benar dan aman,” kata Suprihandono.

Dijelaskan Subhan Zul Ardi, SKM, M.Sc selaku ketua tim, di Indonesia angka kecelakaan berkendara semakin tinggi. “Dan banyak didominasi oleh kelompok usia produktif,” terang Subhan Zul Ardi, SKM, M.Sc.

Penyebabnya, dikatakan Subhan Zul Ardi, adalah kelalaian, ketidaklayakan kendaraan, ketidaklayakan jalan dan lingkungan.

Untuk itulah pada pelaksanaan pelatihan safety dan defensive riding siswa dibekali dengan teori perilaku, safety dan defensive riding oleh Dr. R. Sitti Nur Djannah, M.Kes, Machfudz Eko Arianto, SKM., M.Sc, dan Subhan Zul Ardi, SKM, M.Sc.

Selain itu, disampaikan pula praktik cara berkendara yang aman oleh Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta.

Diharapkan, dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mengubah perilaku siswa dalam berkendara. “Dari yang tidak aman menjadi lebih aman dan dapat berkontribusi dalam penurunan angka kecelakaan lalu lintas,” ujar Subhan. Di akhir kegiatan tersebut dilakukan pembentukan kelompok Sahara (sadar bahaya berkendara), yaitu salah satu layanan konseling kelompok siswa. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here