News

News

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

Menjaga Pandangan Adalah Spirit Seorang Mujahid

SLEMAN — Tingginya semangat mujahid seorang mukmin, hebatnya kualitas hafalan dan predikat lain yang tersemat pada diri seorang mukmin terancam sirna oleh karena satu hal, yaitu ketika seorang mukmin tersebut tidak mampu mengendalikan pandangan.

Hal itu disampaikan Kang Marwan Hamid, Komandan Kokam Daerah Sleman, pada kegiatan silaturahim Kokam se-Sleman pada hari Senin, 23 Desember 2019 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Turi, Sleman.

Pada zaman itu, menurut Marwan Hamid, begitu banyak pandangan yang sangat menggoda iman. “Pandangan yang dimaksud, misalnya pada diri seorang wanita yang cantik, indah dan sangat menggoda,” kata Marwan Hamid.

Kehadiran pemandangan semacam itu, bagi Marwan Hamid, ada kalanya akan merusak konsentrasi dzikir kita pada Allah SWT. “Dan pada gilirannya akan menghancurkan keimanan kita, oleh karena pandangan yang tak terkendali tersebut diikuti dengan nafsu syahwat yang terus bertambah,” paparnya.

Oleh karena itu, menurutnya, wajib hukumnya bagi kita sebagai seorang mujahid yang senantiasa berada di garda depan perjuangan Islam untuk mengendalikan pandangan kita dari hal-hal yang akan merusak kualitas iman kita.

Sejarah telah mencatat, ada seorang jenderal perang dari pasukan Islam ketika terjadi perang besar menghadapi Kerajaan Romawi.

Dia tak hanya hebat ketika berada di tengah pertempuran. Namun dia juga seorang hafidz dan sangat taat ibadahnya.

Di tengah gegap-gempitanya peperangan, di suatu saat jenderal tersebut lalai dalam mengendalikan pandanganya. Sehingga di suatu tempat dia melihat seorang wanita Romawi berambut pirang, bermata kebiruan, berkulit putih dan sebagainya sehingga nampak begitu cantik jelita dan sangat menggoda.

Singkat kata, Sang Jenderal tidak mampu mengendalikan pandangan. Dan dia terus memandangi wanita itu hingga nafsu syahwatnya tidak terkendalihan.

Pada akhirnya, dia berniat untuk mendapatkan wanita itu bagaimanapun cara dan syaratnya akan ia tempuh. Sang wanita hanya mengajukan satu syarat saja, namun ini sungguh merupakan hal yang sangat mendasar. Yaitu, Sang Jenderal harus beralih keyakinan dari Islam ke agama wanita tersebut, yaitu Nasrani.

“Kisah itu seyogyanya menjadi ibrah untuk kita sehingga sekecil apa pun potensi godaan dari pandangan awal, dapat kita antisipasi,” ungkap Marwan Hamid.

Selain diisi dengan penyampaian materi ceramah, kegiatan itu juga diisi dengan sesi sharing informasi kekokaman, dan kepemuda-Muhammadiyahan. (*\)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here