Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UAD Yogyakarta Adakan Pertukaran Mahasiswa ke Luar Negeri

YOGYAKARTA — Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta selenggarakan program pertukaran mahasiswa ke luar negeri.

Adanya program tersebut membawa dampak positif bagi mahasiswa dan universitas.

Selain untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa, program semacam itu salah satu usaha kampus untuk menuju world class university.

Hingga saat ini sudah ratusan orang mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang dikirim ke luar negeri.

“Hal ini menunjukkan kerjasama luar negeri yang dilakukan UAD melalui Kantor Urusan Internasional sangat bagus,” kata Prof Drs Sarbiran, M.Ed, PhD, Wakil Rektor 1 UAD Yogyakarta, di Kampus 1 UAD Jl Kapas, Umbulharjo, Yogyakarta, Kamis (23/1/2020).

Menurut Sarbiran, secara rutin KUI UAD Yogyakarta selenggarakan program mahasiswa ke luar negeri. “Hal ini menunjukkan motivasi mahasiswa UAD Yogyakarta semakin baik dan bagus, karena perguruan tinggi harus memiliki mahasiswa dengan motivasi yang bagus,” kata Sarbiran yang menambahkan ke depan mahasiswa harus semakin bagus.

Selama ini, dijelaskan Sarbiran, koordinasi lembaga lewat KUI cukup bagus.

Sarbiran berharap kepada 31 orang mahasiswa UAD Yogyakarta yang akan ke luar negeri untuk menjaga nama baik UAD Yogyakarta sebagai universitas apik dhewe.

Tahun akademik 2019-2020, UAD Yogyakarta kirim 200 orang mahasiswa ke luar negeri, yang tergabung dalam berbagai program.

Para mahasiswa itu dikirim ke berbagai negara di Asia dan Eropa: Malaysia (94), Thailand (58), Philipina (8), Brunei Darussalam (2), Korea Selatan (6), Taiwan (17), China (10), Jepang (7), Jerman (3), Belanda (2), dan Abu Dhabi (4).

Untuk bulan Januari 2020 ada 5 program yang akan diikuti 31 mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan yang ada di lingkungan UAD Yogyakarta.

Di antaranya adalah program kredit transfer hasil tindak lanjut dari kesepakatan antara UAD dan Universitas Utara Malaysia (UUM) selama 6 bulan atau satu semester sejak bulan Februari hingga Agustus 2020, yang akan diikuti Devi Anggrayni dan Siti Natasya dari Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Selain itu ada 5 orang mahasiswa dari Fakultas Hukum, terdiri dari: Ridhayana Andi Baso, Yogita Halim, Daffa Nugroho Ramadhan, Muhammad Rizal Sirojudin, Fadhel Muhammad Ikhwansyah.

UAD Yogyakarta juga mengirimkan 2 orang mahasiswinya ke Taiwan, yaitu: Ina Maryani dan Dinar Nurul Arofah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Kedua mahasiswi itu akan mengikuti program kredit transfer selama satu semester di Hungkuang University (HKU), Taiwan.  “Program ini merupakan realisasi dari kerjasama antara UAD dan HKU yang telah disepakati sebelumnya,” terang Ida Puspita, M.A.Res, Kepala Kantor Urusan Internasional UAD Yogyakarta.

Selain itu, UAD Yogyakarta juga akan mengirimkan 11 orang mahasiswanya untuk mengikuti program “Public Health Short Program” di Hungkuang University pada tanggal 2-10 Februari 2020, yaitu: Ahmad Dzaki Burhani, Aulia Putri Nugraheni, Cindi Altika, Dyah Kumalasari Supriyanto, Fitri Aulia, Rina Tri Faizani, Rismala Egitasari, Syania Rizki Amalia, Tasya Danela Lutfiah, Taula Aisy Gusfara dan Widya Ariani.

Pada saat yang sama, UAD Yogyakarta juga mengirimkan 8 orang delegasi pada acara “The 2nd Global Youth Leaders Exchange Program GOGO Gangwon”, yang akan dilaksanakan di provinsi Gangwon, Korea Selatan, pada tanggal 8-11 Februari 2020. Ke delapan mahasiswa itu adalah: Wasiah Darojatun (Manajemen), Eko Muhammad Rilo Pembudi (Teknik Informatika), Rifqi Luthfi Naldi (Teknik Informatika), Mochammad Adhis Raihan (Bisnis Jasa Makanan), Sakti Oktasari (Hukum), Vina Damayanti (Hukum), Desy Nurgita Irawati (Hukum), dan Izza Qorina (Pendidikan Kedokteran).

Selanjutnya, UAD Yogyakarta juga mengirimkan 3 orang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia ke Busan University of Foreign Language (BUFS) Korea Selatan: Jihan Syarif, Alifia Nur Laila dan Rindu Putri Utami, yang akan belajar selama satu semester di BUFS di bawah program ASIAN International Mobility for Students (AIMS).

“AIMS ini adalah program beasiswa dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mahasiswa mengambil kredit satu semester di universitas-universitas di Asia,” kata Ida Puspita.

Menurut Ida, AIMS merupakan beasiswa yang hanya dapat diakses oleh universitas dalam konsorsium kecil. Dan UAD sudah menerima beasiswa AIMS sejak 2010.

Menurut Ida Puspita, M.A.Res, Kepala Kantor Urusan Internasional UAD Yogyakarta, program pertukaran mahasiswa ke luar negeri membawa dampak positif bagi mahasiswa dan universitas. (Anne Rochmawati)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here