Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

KKN UAD di Semanu Gunungkidul Adakan Pelatihan Pembuatan Egg Roll

GUNUNGKIDUL — Banyak kegiatan yang ditawarkan pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Semanu, Gunungkidul. Utamanya unit C1, C2 dan C3 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sudaryanto, dosen PBSI FKIP UAD Yogyakarta.

Mahasiswa UAD Yogyakarta yang laksanakan KKN pada 1-9 Februari 2020 mengadakan pelatihan pembuatan egg roll di dusun tempat KKN masing-masing: pedukuhan Panggul Kulon, Panggul Tengah dan Panggul Wetan.

Masyarakat mengapresiasi adanya KKN UAD Yogyakarta di wilayah mereka. “Pelatihannya sangat menyenangkan dan hasilnya pun sangat enak dan renyah,” ungkap Ny Saryati dari pedukuhan Panggul Kulon.

Sedangkan Ny Ambar dan Ny Kusminiyarti dari Pedukuhan Panggul Tengah mengatakan kegiatan itu sangat membantu masyarakat dalam membuka lapangan pekerjaan.

“Adanya mahasiswa di tempat kami untuk melaksanakan KKN sangat bermanfaat sekali,” kata Ny Imbar.

Sedangkan Ny Kusminiyarti mengatakan, masyarakat ketika mendapat ilmu dari mahasiswa UAD yang melaksanakan KKN itu akhirnya bisa mengembangkan pengalaman yang didapatnya itu. “Sebelumnya kami belum pernah mendapat wawasan soal bagaimana untuk membuka lapangan pekerjaan,” ungkap Ny Kusminiyarti.

Apa yang disampaikan mahasiswa UAD yang melaksanakan KKN di Pedukuhan Panggul Wetan, juga diapresiasi warga masyarakat karena bisa membantu warga dalam menambah pendapatan keluarga.

“Kegiatan yang diadakan mahasiswa KKN UAD sangat menyenangkan, apalagi olahan makanan yang disampaikan kepada kami sangat bervariasi,” ungkap Ny Atik.

Pelatihan yang diajarkan mahasiswa UAD itu, bagi Ny Marwitiyani, sangat mudah dipelajari dan dapat dipraktikkan dengan baik. “Selain itu bisa menambah ketrampilan ibu-ibu di sini yang diharapkan bisa disalurkan menjadi usaha baru,” kata Ny Marwitiyani.

Dikatakan Sudaryanto, kegiatan KKN UAD di Semanu itu masih dalam tahap lancar. Dan, banyak kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai program masing-masing.

Selain itu, masyarakat semakin berpartisipasi terhadap kegiatan yang telah berjalan. “Banyak pula program pendukung dari masyarakat yang dikerjakan oleh mahasiswa KKN sebagai bentuk partisipasi mahasiswa KKN terhadap masyarakat,” jelas Sudaryanto, Rabu (12/2/2020).

Program tersebut, seperti dijelaskan Sudaryanto, antara lain pengajian muhasabah, olahraga di kelurahan, PKK, Posyandu, arisan warga dan lain-lain.

KKN UAD Yogyakarta berjalan dengan lancar sesuai rencana yang diharapkan dan mendapat tanggapan positif dari para warga. “Masyarakat sangat puas dengan apa yang kami kerjakan,” kata Sudaryanto.

Semua program mahasiswa KKN UAD sudah berjalan dengan baik. Terlebih ketika  berkunjung ke tokoh-tokoh masyarakat untuk kulonuwun atau ijin.

“Harapan kami, dengan adanya KKN UAD di wilayah kami dapat memberikan kesan yang positif bagi warga,” kata Imron, salah seorang warga masyarakat, yang menambahkan ilmu mereka dapatkan dapat bermanfaat dan berguna untuk selanjutnya. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here