Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Dosen Ilmu Komunikasi UMY Rilis Buku Bola Kita

BANTUL — Memperingati Ulang Tahun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dr. Fajar Junaedi merilis buku terbarunya yang berjudul “Bola Kita” pada hari Minggu (19/4).

Buku yang ditulis bersama dengan jurnalis olahraga senior Jawa Pos, Miftakhul F.S, terdapat tiga bagian yang dibahas yaitu ekonomi politik sepak bola, sepak bola dan fans, serta sepak bola, media dan kemanusiaan.

Ketua Asprov Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PSSI DIY), Ahmad Syauqi Soeratno menyambut baik penerbitan buku ini.

“Penulis pertama adalah dosen, sedang penulis kedua adalah jurnalis. Meskipun demikian ada benang merah yang menautkan keduanya, yaitu mereka adalah pecinta sepak bola Indonesia yang tulus,” jelas Syauqi saat dihubungi Selasa (21/4).

Selanjutnya Syauqi juga memberikan kata pengantar dalam buku yang ditulis oleh Fajar Junaedi dan Miftakhul F.S. serta menjelaskan tentang sosok Dosen Ilmu Komunikasi UMY dan jurnalis olahraga senior.

“Keduanya juga bukan sekadar dosen dan jurnalis, namun suporter sepak bola yang datang ke tribun stadion,” tambahnya.

Terpisah, Fajar Junaedi menyebutkan bahwa meskipun esai-esai yang terdapat di buku ini berasal dari tahun yang berbeda, namun konteksnya saling sambung-menyambung.

”Buku ini membahas mulai dari persoalan pendanaan klub yang harus mandiri dan profesional, setelah mulanya tergantung APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), literasi suporter sepak bola dan media, serta sisi kemanusiaan dari sepak bola kita,” paparnya saat dihubungi Senin (20/4).

Fajar Junaedi dikenal sebagai dosen yang produktif dalam publikasi tentang sepak bola Indonesia. Sebelumnya ia juga menulis buku Merayakan Sepak bola 1 dan 2, menyumbang artikel di buku Merawat Sepak bola Indonesia; Sepak bola 2.0; Kota, Klub dan Pasoepati; dan kata pengantar di buku Struggle for Soccer in Indonesia. Buku Bola Kita sengaja dirilis pada tanggal 19 April, bertepatan dengan ulang tahun PSSI yang berdiri sejak tahun 1930. Buku yang diterbitkan oleh Fandom Indonesia ini bisa didapatkan di Fandom Store di 081392296720. 

Seluruh royalti dari penjualan buku ini akan didonasikan untuk penanggulangan wabah Covid-19 yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) melalui Lazismu. (Sofia)


Biro Humas dan Protokol
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Ringroad Selatan Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta 55183 Telp. 0274 387656 ext 115 | Fax. 0274 387646 | Web. www.umy.ac.id

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here