Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa

#dirumahaja, Mahasiswa UMY Raih Juara Nasional

BANTUL — Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan perlu diisi dengan kegiatan bermanfaat. Namun dalam kondisi serba sulit karena dampak pandemi Covid-19 sekarang ini, membuat gerak menjadi terbatas. Tapi itu tidak berlaku bagi Nuha Haifa Arifin, mahasiswa jurusan Farmasi angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ia mengikuti lomba Pekan Lomba Ramadhan yang digelar di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan sukses menyabet gelar juara pada dua cabang sekaligus.

Pekan Lomba Ramadhan meliputi beberapa cabang lomba seperti Karya Cipta Puisi, Islamic Essay, Poster, Video Dakwah, dan Pildacil. Acara ini diselenggarakan Panitia Amaliyah Ramadhan 1441 H Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bertujuan melatih kemampuan remaja dan mahasiswa baik dalam hard skill ataupun soft skillnya.

Lomba yang dijuarai oleh mahasiswa UMY ini adalah Islamic Essay dan lomba poster. Kedua lomba ini diikuti mahasiswa seluruh Indonesia. Seluruh jenis perlombaan dilaksanakan secara online.

“Para peserta cukup membuat karya di rumah saja dan langsung mengirimnya melalui email. Untuk lomba poster dimulai pendaftarannya tanggal 4 Mei 2020 dan disusul dengan pengumpulan karyanya pada 10 Mei 2020,” tutur Nuha.

Skema penilaian lomba poster ini tidak hanya dari keputusan juri, namun juga didukung jumlah “like” yang dihasilkan dari poster yang telah dipublikasi di Instagram PAR UMP tersebut. Tanggal 17 Mei 2020 diumumkan juara lomba poster dan Nuha sukses memperoleh Juara 2. Mahasiswi Farmasi UMY itu juga menyabet juara 2 pada cabang lomba di bidang Islamic Essay, yang pengumpulannya dilaksanakan pada 15 Mei 2020 dan tanggal 19 Mei 2020 diumumkan juaranya.

“Tak pernah mengira bisa juara di dua cabang lomba. Awalnya juga merasa tidak percaya diri dan sengaja untuk mengirim kedua hasil karya tersebut di waktu mepet. Namun berkat bimbingan serta pembelajaran dari kakak tingkat, bismillah saya kirimkan. Alhamdulillah berkat doa dan dukungan dari teman-teman keduanya bisa sama-sama juara 2,” imbuh Nuha.

Nuha juga berharap kepada dirinya sendiri dan juga teman-temannya untuk dapat memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan kesempatan seluas-luasnya yang diberikan pihak kampus UMY untuk mengekspresikan diri. Hal itu tak lain demi terwujudnya kampus yang bernafaskan islami dan juga berkemajuan. Terutama pada kondisi pandemi saat ini, yang tak boleh dilewatkan dengan hanya berdiam diri tetapi harus tetap menunjukkan kreativitas. (hr)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here