Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Operasi Pangan Gratis UKM Pramuka UAD Yogyakarta

GUNUNGKIDUL — Dalam rangka menggalang dana untuk disalurkan kepada pihak yang membutuhkan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada 28 April 2020 sampai 21 Mei 2020 mengadakan donasi peduli lawan Covid-19.

Dari donasi ini, diperoleh uang sebesar Rp 935 ribu dan diwujudkan dalam 20 paket sembako, kemudian disalurkan pada Sabtu (23/5/2020).

Paket sembako berupa bahan pangan yang berisi beras, minyak, kecap, gula pasir, gula Jawa dan tepung terigu, kemudian didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Bersama lawan Korona digelar di RT 01/06, Dusun Kedungranti, Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jum’at (29/5/2020), dengan pembagian paket sembako senilai Rp 50 ribu.

Warga masyarakat yang menerima bantuan paket sembako itu sangat senang. Mereka sangat terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah wabah Korona atau Covid-19.

“Kami kehilangan mata pencaharian utama sehingga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kadang merasa kesulitan,” ungkap Ny Eti Patminingsih, salah satu warga terdampak Covid-19.

Selain itu, Ny Eti Patminingsih, ucapkan terimakasih atas bantuan paket sembako dari Pramuka UAD Yogyakarta yang disalurkan bersama Relawan Covid DIY. “Semoga para donatur selalu diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT,” kata Ny Eti Patminingsih di depan relawan yang terdiri dari Dodi, Nopal, Wina dan Yusuf.

Kepedulian bersama dengan relawan Covid-19 DIY ini dimanifestasikan dalam bentuk aksi kemanusiaan senantiasa menjadi prioritas Pramuka UAD Yogyakarta. “Dengan semangat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, UKM Pramuka UAD Yogyakarta selalu membuka open donation,” tutur Melina Siska, Ketua Dewan Racana Putri.

Untuk mengurangi kerumuman, penyerahan bantuan tidak melibatkan banyak anggota. Dari Pramuka UAD Yogyakarta hanya diwakili oleh dua relawan yaitu Kak Ardin Budi S. dan Kak Aldi Ferdian.

Cholil Ahmad, Ketua Dewan Racana Putra, menambahkan, bantuan diberikan kepada masyarakat di dusun yang sedang mengalami lockdown. Mereka sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diperoleh.

Dengan adanya bantuan paket sembako ini mereka merasa sangat terbantu. “Terlebih akibat Covid-19 mereka kehilangan mata pencaharian utamanya,” kata Kak Ani Susanti, M.Pd, BI, Pembina Pramuka UAD Yogyakarta.

Kak Ani Susanti, M.Pd, BI berharap, kegiatan donasi yang dilakukan Pramuka UAD ini dapat membantu masyarakat agar menjadi lebih optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pramuka UAD Yogyakarta secara reguler dan insidental sebelumnya telah banyak melakukan kegiatan kemanusiaan. “Terutama pada masyarakat yang membutuhkan, tidak hanya pada saat terjadi bencana saja tapi juga saat Ramadan dan perayaan hari besar Islam,” terangnya.

Sudah sepantasnya Pramuka melakukan bakti kepada masyarakat. “Karena selain dari bina diri, bina satuan, juga ada bina masyarakat,” papar Kak Suyitno, M.Pd. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here