Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Lebih dari 30 Negara Siap meriahkan Festival Budaya Internasional UMY Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik

Dalam Kuliah Daring, Dosen Harus Tahu Karakter Mahasiswa

BANTUL — Perkuliahan secara daring (dalam jaringan) kemungkinan besar akan terus dilakukan karena pandemi Covid-19 belum juga mereda di Indonesia. Hdal tersebut juga ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (15/6), bahwa perkuliahan online akan tetap dilaksanakan di semester baru nanti.

Dengan kondisi ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terus melaksanakan pengembangan untuk menunjang perkuliahan online, salah satunya dengan memberikan pelatihan secara daring kepada para dosen melalui webinar yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Pendidikan UMY dengan tema “Rekonseptualisasi Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19” pada Rabu 17 Juni 2020.

Tujuan pelatihan untuk menyegarkan kembali pemahaman konsep pembelajaran daring dan meningkatkan kreativitas dosen dalam memberikan materi perkuliahan serta bagaimana tetap menjaga interaksi sosial dengan mahasiswa, yang merupakan bagian krusial dalam proses pendidikan.

Sejak perkuliahan berubah menjadi kuliah daring selama tiga bulan terakhir, banyak mahasiswa mengeluhkan sistem perkuliahan online. Misalnya dosen hanya memberikan tugas dan minimnya feedback yang jelas setelah selesai belajar dari dosen. Perubahan menjadi kuliah daring juga dikeluhkan dosen karena masih memerlukan waktu untuk bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan yang tiba-tiba tersebut.

Masalah yang muncul adalah dosen seperti hanya terfokus pada alat atau aplikasi apa yang akan mereka gunakan untuk memfasilitasi mahasiswanya dalam belajar online. Hal itu dinilai keliru oleh Dr. Gumawang Jati M.A., dosen Institut Teknologi Bandung, yang menjadi pembicara dalam acara webinar LPP UMY melalui jaringan Microsoft Teams dan kanal YouTube UMY.

“Dalam merancang bahan ajar online, dosen tidak boleh hanya terpaku pada alat (tools) aplikasi yang akan digunakan, melainkan objek yaitu mahasiswanya. Dosen harus tahu karakter mahasiswanya, aplikasi apa saja bisa digunakan asalkan bahan ajar yang sudah dirancang itu bisa kemudian mudah dipahami oleh mahasiswa,” ujarnya.

Bahan ajar tidak boleh hanya berupa tugas yang diposting kemudian meminta mahasiswa mengumpulkan jawaban tanpa ada interaksi. Yang membuat efektif bukan alatnya, tapi dosen.

“Saya sudah menerapkan beberapa metode yang bisa bapak/ibu terapkan. Misalnya membagi 80 mahasiswa menjadi empat kelompok. Untuk mengaktifkan interaksi, saya bereksperimen membuat semacam talkshow. Jadi dari setiap kelompok saya buat dua tim, satu tim menerangkan sesuatu dengan saya sebagai moderator, kemudian tim lainnya menanggapi melalui kolom komentar. Ini sedikit bisa membuat mahasiswa yang malu mengutarakan pendapat, dapat melakukan melalui komentar,” papar Gumawang.

Jadi, prinsip dalam mengajar itu sama antara offline maupun online, yaitu harus ada persiapan, ada interaksi antara dosen dan mahasiswa, dan harus ada feedback yang baik. Tetapi pembelajaran secara daring, memang harus lebih dipikirkan lagi mengenai hal-hal teknis yang kemudian menjadi tantangan besar untuk para dosen.

UMY tidak hanya memberikan pelatihan secara teori sebagai dukungan kepada dosen untuk mempersiapkan menghadapi perkuliahan online di semester baru mendatang.

“Untuk sekarang tidak ada alternatif lain selain pembelajaran daring, selanjutnya pada hari Sabtu (20/6) kami akan melaksanakan webinar seperti ini lagi yang fokus pada bagaimana dosen menyusun bahan ajar, bagaimana membuat aktivitas di dalam bahan ajarnya, dan bagaimana cara membuat video learning,” jelas Eko Purwanti Ph.D. Kepala Divisi Pengembangan LPP UMY. (hr)


Sumber berita: Rilis Biro Humas dan Protokol UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here