Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

CATION UAD, Inovasi Pencegahan Stunting Berbasis Teknologi

YOGYAKARTA — Tim CATION UAD yang merupakan gabungan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meraih Juara III pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan Himpunan Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran Univertas Tanjungpura.

Lomba bertema “Peran Generasi Milenial dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting” ini dilaksanakan secara online. Tim UAD meraih juara ke-3 dengan menyisihkan 10 tim, dari 6 PTN dan PTS se-Indonesia. Aplikasi CATION UAD merupakan rancangan Ibnu Mushlih, Nurul Istiqomah, dan Alfian. CATION singkatan dari Controlling Stunting Care Application.

“Gagasan ini bermula dari keprihatinan kami selaku mahasiswa kesehatan terhadap permasalahan stunting di Indonesia. Kemudian muncul sebuah inovasi sebagai pencegahan dan pengendalian stunting berbasis teknologi, mengingat saat ini kehidupan masyarakat tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Sasaran dari CATION adalah ibu hamil, ibu menyusui, keluarga, dan tenaga kesehatan,” jelas Ibnu Mushlih, Ketua Tim.

Menu dalam aplikasi ini antara lain:

  1. Hello Nakes sebagai sarana konsultasi, tanya jawab, dan diskusi antara ibu hamil ataupun masyarakat dengan tenaga kesehatan.
  2. News memuat artikel-artikel penting tentang informasi terkait stunting, makanan bergizi, pola hidup sehat, dan tips-tips agar anak menjadi sehat.
  3. Antropometri untuk mengetahui kondisi pertumbuhan anak atau ukuran tubuh, serta status gizi pada anak dengan melihat pada berat badan (BB), lingkar kepala (LK), dan tinggi badan (TB).
  4. Catering Gizi merupakan fitur yang dapat digunakan memesan makanan sehat untuk pemenuhan kebutuhan gizi pada makanan.
  5. Faskes Q merupakan fitur yang menyediakan informasi tentang lokasi fasilitas kesehatan terdekat dari tempat pengguna.
  6. Calendar berisi agenda atau kegiatan seperti posyandu, cek kesehatan, ataupun agenda-agenda untuk pengingat dalam pemantauan tumbuh kembang anak.

Dosen Pembimbing tim, Nur Syarianingsih Syam SKM, M.Kes., menerangkan bahwa aplikasi CATION dicetuskan mahasiswa dengan harapan dapat menjadi media komunikasi informasi dan edukasi tentang stunting di Indonesia. “Memang sudah ada aplikasi lain yang fokus pada permasalahan stunting, tapi CATION dibuat berbeda. Salah satunya adalah ada fitur Halo Nakes, jadi user atau pengguna bisa bertanya langsung terkait tumbuh kembang anak,” katanya.

Aplikasi CATION akan terhubung dengan maps yang memudahkan user mencari fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika memerlukan pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.

Wakil Dekan FKM, Solikhah, Ph.D., mengaku bangga dan bersyukur atas pretasi yang ditorehkan tim CATION. Di masa pandemi Covid-19 ini mahasiswa belum beraktivitas di kampus dan sibuk dengan kuliah daring, namun tetap mempunyai semangat tinggi untuk berprestasi. Ia berharap, hal serupa bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk terus mengasah kreativitas.

“Kami dari KM UAD mengucapkan puji syukur atas prestasi sangat membanggakan dari tim CATION. Alhamdulillah dalam satu tahun terakhir mahasiswa FKM UAD telah menorehkan prestasi luar biasa di tingkat nasional dan internasional. Kami memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa melalui sumber belajar yang mumpuni serta dosen dengan reputable kepakarannya sehingga akan lahir prestasi-prestasi membanggakan di masa mendatang,” tegasnya. (*)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here