Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

SMP Mugadeta Gelar Fortasi Virtual

SLEMAN — SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) melaksanakan rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) serta Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (Fortasi) Tahun Ajaran 2020/2021 secara virtual. Kegiatan mengusung konsep Podcast kekinian yang dirangkai talkshow interaktif melalui Youtube Official Mugadeta Channel tersebut dimulai Rabu 15 Juli 2020. Tema MPLS-Fortasi Virtual adalah Menjadi Pelajar Islami, Berprestasi, dan Mandiri di Masa Pandemi, selaras dengan spirit IPM SMP Mugadeta yaitu Islami, Prestasi, dan Mandiri.

Beberapa agenda pokok MPLS adalah pengenalan sekolah (profil guru, pegawai, dan program sekolah), pembinaan minat, bakat, dan prestasi melalui program ekstrakurikuler serta pengembangan diri, penjelasan teknis Belajar Dari Rumah (BDR), Muatan Keislaman, Kemuhammmadiyahan, dan Ke-IPM-an. Di masa pandemi Covid-19 juga diberikan suplemen materi pendukung yaitu Pola Hidup Sehat dan Waspada Covid-19 yang disampaikan dr. Ahmad Mufattan, alumni SMP Mugadeta.

MPLS-Fortasi Virtual ini menitikberatkan kemampuan adaptif peserta didik untuk menghadapi pola pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan kondisi normal. Pembekalan kepada orangtua/wali dilaksanakan hari Sabtu 11 Juli 2020. “Setidaknya SMP Mugadeta menyusun tiga buku panduan khusus untuk penerapan BDR, yaitu Buku Panduan Orangtua, Buku Saku Siswa, dan Buku Belajar Quran dari Rumah,” jelas Hasanudin, M.Pd., Kepala SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman.

SMP Mugadeta membuat studio mini pembelajaran jarak jauh dengan memaksimalkan ketersediaan sarana-prasarana yang dimiliki. Berbagai format acara sudah berjalan sejak pandemi Covid-19 melanda di antaranya Kajian Virtual rutin, Wali Kelas ON-Air, Belajar Interaktif, dan lain-lain. Harapannya, melalui bantuan teknologi bisa tetap menjaga keep in touch pembelajaran antara guru, peserta didik, dan orangtua di rumah. (*)


Sumber Berita: Ary Gunawan, S.Pd., Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here