Dapatkan Tenant Terpilih, PPK FTI UAD Gunakan Model Pitching

Farid menambahkan, setiap malam setidaknya 5-6 tenant dijadwalkan melakukan pitching. Terkadang tenant bisa hadir semua sesuai jadwal tetapi ada yang harus mengikuti jadwal pada malam berikutnya karena terkendala sinyal.

Kehati-hatian dan ketelitian tim PPK FTI sangat dirasakan ketika memilih 6 tenant terbaik dari yang terbaik. Berbisnis dengan memasukkan unsur sociopreneurship ini menjadi tantangan tersendiri. Beberapa tenant sudah mampu menerapkan konsep sosial ini dalam bisnisnya, tetapi ada tenant yang masih kebingungan tentang konsep sosial dalam bisnis.

Sebanyak 20 tenant yang sudah ada memang tidak semuanya siap dalam berbisnis karena ada beberapa yang masih dalam tahap rencana bisnis. Bisnis tenant yang sudah siap dengan konsep sosialnya berawal dari permasalahan yang muncul untuk diselesaikan. Butuh kejelian untuk melihat dan memasukkan unsur sosial ke dalam bisnis dan ini bisa terbaca dari rencana bisnis yang mereka sajikan menggunakan model bisnis canvas.

Selain konsep social tantangan lain adalah keberlangsungan dan siap produksi jika masuk menjadi 6 tenant terpilih, khususnya bagi yang usahanya masih dalam tahap rencana atau penelitian. Tantangan-tantangan ini menjadi poin yang harus dimasukkan ke dalam model bisnis kanvas dan harus pula disampaikan di depan tim selama 3-5 menit tadi. Setelah tenant menyampaikan presentasinya, tim mengajukan 1-2 pertanyaan untuk memantapkan 6 tenant terpilih benar-benar sesuai kriteria.

Saat ini, lanjut Farid, proses pitching telah selesai dan para tenant diminta mengumpulkan berkas rencana bisnis dengan mengunggah ke google drive yang telah disiapkan tim. Di sisi lain, tim PPK FTI mulai bekerja menyaring 20 tenant menjadi 6 tenant. Farid mengatakan, tim PPK FTI akan bekerja sebaik dan seobjektif mungkin karena secara umum tenant yang sudah aktif hingga tahap pitching kemarin merupakan tenant yang luar biasa serta memiliki keinginan kuat untuk berbisnis. Tahap penyaringan ini membutuhkan kurang lebih 2-3 minggu sehingga pengumuman tenant terpilih maksimal diumumkan akhir Agustus 2020. (*)