Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Selesaikan Belajar di UMY, 3 Mahasiswa Filipina Kembali ke Tanah Airnya

BANTUL — Tiga mahasiswa asal Filipina yang telah menyelesaikan studi double degree di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi dilepas oleh Kepala Kantor Urusan Internasional UMY, Yordan Gunawan.

Ketiganya akan kembali ke tanah airnya di Filipina. 

“Kami merasa sangat sedih harus meninggalkan Indonesia, terutama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”, sekelumit komentar yang disampaikan oleh Faye Lorraine Pluma Mina, mahasiswa dari Mindanao State University–Iligan Institute of Technology (MSU-IIT), Filipina yang akan segera kembali ke negaranya, setelah menyelesaikan Program Double Degree di Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Faye bersama dua orang teman akrabnya, yakni Samantha Heather Marsburn Benedictos dan Ken Mangao Haictin memang baru saja menginjakkan kaki ke Yogyakarta serta mengikuti proses pembelajaran layaknya mahasiswa lainnya di kampus Muda Mendunia.

Saat berpamitan di Kantor Lembaga Kerja Sama UMY Sabtu (8/8/2020), Ken mengatakan sangat menyukai kultur orang Indonesia yang ramah serta ringan tangan.

“Kami senang, karena budaya Indonesia yang memang sudah cukup memiliki kesamaan dengan Filipina. Ini membuat kami lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan di Indonesia, terutama Yogyakarta,” ujar Ken menambahkan.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Internasional UMY, Yordan Gunawan mengatakan bahwa dalam Program Double Degree ini, selain menerima 3 mahasiswa dari MSU-IIT, UMY juga mengirimkan 3 mahasiswanya untuk belajar di kampus yang berlokasi di Iligan City, Philippines tersebut.

“Program ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar, satu dari UMY dan satu dari MSU-IIT. Pada program ini, mahasiswa diharuskan bermukim di MSU-IIT Filipina pada semester 2 dan 3, sedangkan pada semester 1 dan 4 bermukim di UMY,” tutur Yordan.

Sementara itu, Samantha menyebut bahwa ia sangat haru merasakan kebersamaan di UMY, terutama di kala pandemi Covid-19 melanda.

Dalam kesempatan tersebut Samantha juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UMY beserta jajaran pimpinan lainnya yang sangat memperhatikan mahasiswa asing, terutama yang tinggal di University Residence UMY.

“Saat pandemi Covid-19 kami mendapatkan bantuan makanan, sembako dan handsanitizer dari UMY, kami merasa sangat menjadi bagian dari UMY,” tutup Samantha. (*\)


Sumber berita: Rilis Biro Humas dan Protokol UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here