Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Lebarkan Pangsa Pasar Melalui Pemasaran Online, Inilah Garapan KKN UMY di Sampit

SAMPIT — Kendala produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah pemasaran. Produk baru dikenal dalam lingkup terbatas, hanya dikenalkan dari mulut ke mulut secara offline. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Information Technology (IT) 148 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengatasi permasalahan tersebut. Mereka mengadakan pengabdian masyarakat di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Barat, dengan sasaran UMKM olahan makanan Jalan H. Ahmad, Sampit.

Menurut Yunanda Budi Prayitno, Ketua Tim KKN 148 UMY, tujuan KKN ini adalah membantu UMKM dalam memperluas pangsa pasar UMKM melalui pemasaran digital. “Mitra UMKM juga didampingi dalam pembuatan pembukuan secara digital agar memudahkan melakukan pencatatan keuangan usaha,” jelas Yunanda, Jumat 14 Agustus 2020.

Yunanda menambahkan, dengan KKN ini diharapkan dapat mengenalkan lebih luas produk olahan khas Kalimantan Tengah terutama daerah Kotawaringin Timur. Selama ini masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat, terutama di luar Kalimantan.

Kurang luasnya pangsa pasar produk tersebut sangat disayangkan. Kalimantan memiliki olahan makanan dengan bahan dasar menarik seperti kripik dari rotan serta stik ikan Jelawat yang memiliki cita rasa unik.

KKN berbasis IT melibatkan tiga mitra UMKM yaitu UMKM Irlinda, UMKM Norbisa, dan UMKM Kopi Bapinang. Selama proses KKN, mahasiswa didampingi Rita Kusumawati, M.Si., dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, sebagai dosen pembimbing lapangan.

“Pemasaran digital menjadi suatu kebutuhan bagi UMKM untuk memperluas pasar. Dengan adanya program ini produk yang dihasilkan mitra dapat dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia,” kata Rita. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here