Praktikum Fisika dari Rumah dengan Teknologi Remote Physics Laboratory

Remote Physics Laboratory merupakan teknologi terbaru yang belum banyak dikembangkan di Indonesia. LTPS UAD mengembangkan teknologi ini untuk mendukung pembelajaran fisika bagi sekolah yang belum memiliki laboratorium dengan alat-alat yang memadai dan mendukung pembelajaran daring di era pandemi Covid 19. Remote Physics Laboratory sangat mendukung pembelajaran secara daring dengan memberikan akses kepada siswa untuk melaksanakan praktikum dari rumah mereka menggunakan alat yang ada di laboratorium.

Hal ini akan meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan. Siswa tidak hanya mempelajari teori, juga dapat melihat fenomena langsung secara live melalui website yang telah dibuat khusus. Siswa dapat mengubah-ubah variabel dalam praktikum kemudian mengambil data dari rumah mereka. Mekanisme robotika yang digunakan di dalam alat di laboratorium memungkinkan alat dapat bergerak sesuai instruksi yang diberikan. Siswa melaksanakan praktikum dengan mengakses website secara online dari rumah mereka.

Setelah data diperoleh verifikasi konsep fisika yang yang telah diajarkan dapat dilaksanakan dengan menganalisis data tersebut. Dengan demikian sifat tidak hanya mendapatkan materi juga melatih kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis data, berpikir ilmiah, kemampuan berkolaborasi dengan sesama teman, dan kemampuan membuat kesimpulan dari hasil percobaan yang dilakukan dari rumah. Seluruh proses ini merupakan salah satu bagian dari pembelajaran abad 21 dan revolusi industri 4.0.

Eko Nursulistiyo, M.Pd., selaku Kaprodi Pendidikan Fisika UAD mengatakan bahwa Remote Physics Laboratory merupakan salah satu representasi visi Prodi Pendidikan Fisika UAD yaitu unggul dalam teknologi pembelajaran fisika, berwawasan global, dan dijiwai nilai Islam.

Mahasiswa baru dapat menggunakan remote laboratory ini sebagai sarana praktikum dari rumah selama pandemi Covid-19. Remote laboratory juga ditawarkan kepada sekolah-sekolah yang tidak mempunyai alat untuk praktikum memadai namun memiliki akses internet. Website Remote Physics Laboratory UAD dapat diakses pada laman http://rphylab.pf.uad.ac.id/sistem/course/index.php.

Untuk memanfaatkannya, guru ataupun siswa dapat mengirim permohonan melalui email melalui laman tersebut. Prodi Pendidikan Fisika UAD mengajak siswa SMA yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan menjadi bagian dari pengembangan teknologi ini dan nantinya menjadi guru fisika yang modern dan milenial, berwawasan global, dan dijiwai nilai Islam. (*)


*)Kepala Program Studi Pendidikan Fisika UAD