Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Buat Gerakan E-Commerce Untuk Bantu Pemasaran UMKM

YOGYAKARTA — Menjadi wirausahawan bukanlah pekerjaan mudah bagi para mahasiswa, khususnya yang berada di semester akhir.

Namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi Lukman Fauzi Rosidi dan timnya untuk berwirausaha. Dimulai dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Kedai Soerabi Kajojo dirintis dengan menu utama serabi dan citruk khas Bandung.

Meski diawali dengan modal yang terbilang sedikit, kedai ini unggul dalam pemilihan tempat yang strategis.

Tertarik dengan hal ini, tim Kuliah Kerja Nyata Berbasis IT (KKN IT) 104 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian di kedai yang terletak di Jalan Gatak, Tamantirto ini.

Kegiatan pengabdian berlangsung selama bulan Juli hingga akhir Agustus nanti.

Dalam pengabdiannya, tim KKN IT 104 melakukan pendampingan digital marketing dengan membuat gerakan E-Commerce “Grab for Business”.

Melalui gerakan ini, tim KKN IT 104 yang diketuai oleh Hendi Indra Prasetya ini membantu UMKM untuk memperluas pemasarannya dan juga membantu memudahkan pelayanannya dengan bergabung ke platform Grab for Bussiness serta membantu melakukan promosi melalui Instagram Adsense.

Hendi mengungkapkan bahwa kehadiran pandemi COVID-19 memang dapat berpengaruh terhadap kegiatan berwirausaha namun hal ini tidak sepenuhnya menjadi penghalang.

“Harapannya, program kegiatan yang kami lakukan ini dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya. Khususnya dalam pemanfaatan teknologi untuk pemasaran dan promosi, sehingga kegiatan berwirausaha menjadi lebih praktis,” ungkapnya saat dihubungi pada Rabu (19/8).

Program KKN berbasis IT di Kedai Soerabi Kajojo ini mendapat tanggapan positif dari Dr. Halim Purnomo, M.Pd., L., selaku dosen pembimbing lapangan.

“Kegiatan ini dilakukan agar dapat mengikuti tuntutan dan kompetisi bisnis di era digital seperti saat ini. Semoga kehadiran tim KKN IT 104 ini dapat membantu pengembangan UMKM khususnya yang berada di desa Tamantirto,” tambahnya. (ays)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here