Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Peduli di Saat Pandemi, KKN 027 UMY Kembangkan UMKM Go Digital

YOGYAKARTA — Sebagai bentuk kepedulian terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tim 027 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di rumah produksi Peci Songkok Subhan Nur. 

UMKM ini berada di Desa Bandung, RT 03 RW 01, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020. 

 “Tujuan dari KKN ini adalah untuk meningkatkan keterampilan produsen dalam mengembangkan usaha peci songkok milik Subhan Nur dan mengembangkan cara mengelola keuangan usaha yang efektif dan efisien melalui teknologi digital,” jelas Dicky Gunawan, ketua KKN 027 pada Selasa (18/08).  

Dicky Gunawan menambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk mengembangkan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, apalagi di saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. Proses KKN didampingi oleh Dr. Fajar Junaedi, dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  

Ada 7 (tujuh) mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. KKN yang dikoordinasi oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian masyarakat (LP3M) UMY ini merupakan bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi. Sebagaimana yang kita ketahui, sektor UMKM banyak yang terdampak pandemi Covid-19. 

 “Kebetulan peserta KKN semua berasal dari Kebumen, jadi ini juga menjadi bentuk kontribusi kami kepada kampung halaman kami,” pungkas Dicky Gunawan. (*\)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here