Bustanika Luthfi Harisna Lulusan MPMAT UAD Yogyakarta Raih IPK 4

YOGYAKARTA — Dikarenakan adanya pandemi COVID-19, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta gelar wisuda secara daring (dalam jejaring) di Auditorium Kampus 1 Jalan Kapas 9 Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta, Sabtu (22/8/2020), diikuti 1.581 orang wisudawan dan wisudawati meliputi 1.326 orang (S1) dan 255 orang (S2).

Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, mengatakan, wisuda secara daring atau online ini diikuti wisudawan dan wisudawati dari rumah masing-masing di seluruh tanah air. “Saya ucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati, semoga hal ini memberi kesan unik,” kata Muchlas.

Dikatakan Muchlas, wisuda merupakan titik awal dalam melakukan pengabdian di masyarakat. “Karena itu, ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama kuliah wajib diamalkan di masyarakat,” kata Muchlas.

Selain itu kondisi masyarakat terus berkembang sehingga wisudawan harus dapat beradaptasi. “Wisudawan wajib untuk meningkatkan kemampuan diri dengan ketrampilan yang dibutuhkan dunia usaha dan industri,” katanya.

Ada hal yang mendapat perhatian khusus dari para peserta wisuda kali ini, yakni ada mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UAD yang mendapat predikat cumlaude dengan IPK 4,00. Yaitu, Bustanika Luthfi Harisna, berasal dari Playen, Gunungkidul, DIY, yang menempuh masa studi 1 tahun 11 bulan 20 hari.

MPMAT UAD Yogyakarta selalu mendorong mahasiswa untuk berinovasi melalui berbagai kegiatan, di antaranya program student mobility ke luar negeri mengunjungi tiga negara selama enam hari.

Dalam program student mobility ini, dikatakan Dr. Suparman, M.Si, DEA selaku Kaprodi Magister Pendidikan Matematika UAD, mahasiswa mempresentasikan karya ilmiah di forum seminar internasional dan mengikuti joint workshop di universitas luar negeri.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan global dan mengikuti inovasi di negara lain sehingga mahasiswa bisa mengembangkan dan menghasilkan inovasi sendiri yang akan dituangkan dalam tesisnya,” terang Superman, Senin (24/8/2020).