News

News

MediaMU.COM

Apr 23, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan

Ketua PWA DIY: Jangan Kurangi Aktivitas di Masa Pandemi

YOGYAKARTA — Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY, Hj. Zulaikha, mengharapkan seluruh kader ‘Aisyiyah di masa pandemi Covid-19 jangan sampai mengurangi waktu beraktivitas. Penyebaran virus Corona yang belum menunjukkan tanda-tanda menurun ini justru memberikan pelajaran kepada seluruh umat manusia.

Hal itu disampaikan pada webinar “Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, Senin 24 Agustus 2020. Acara yang diselenggarakan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA DIY ini merupakan rangkaian Program Keluarga dan Komunitas Lenting PWA DIY bekerjasama dengan The Asia Foundation. Target peserta webinar 140 guru TK ABA se DIY sebagai penerima manfaat.

“Dengan adanya pandemi, pelajaran bagi kita adalah dapat bertaqarub kepada Allah SWT, bersifat ihsan dan peduli, menumbuhkan sifat peduli terhadap sesama. Selain itu, mendukung kita untuk membiasakan hidup bersih dan sehat,” tegas Zulaikha.

Nur Chayati, salah satu narasumber yang juga dosen Magister Keperawatan UMY, menyampaikan peta sebaran kasus covid-19 yang terkonfirmasi mengalami penambahan 2.037 kasus, sehingga total menjadi 153.535 kasus. Pasien dalam perawatan 39.355 orang, pasien sembuh 107.500 dan pasien meninggal 6.680 orang.

“Dengan masih adanya wabah dan jumlah kasus yang tinggi, masyarakat jangan sampai kendor mematuhi protokol kesehatan, walaupun status dari pemerintah menyatakan new normal,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bagaimana memakai masker kain dengan aman. Salah satu yang harus diperhatikan adalah hindari memakai masker yang longgar. Diusahakan tidak menyentuh masker bagian depan. Jika mau dilepas yang dipegang bukan bagian depan tapi bagian talinya. Hal ini merupakan salah satu upaya agar kondisi tangan terhindar dari menyentuh droplet yang berasal dari mulut kita sendiri.

Nara sumber lain, Fathiyatur Rohmah, dosen Kebidanan UNISA, mengajak peserta webinar untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai cara mencegah terkena virus Corona. “Kita harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan juga menghindari terkena droplet yang menjadi sumber penyebaran virus,” ungkapnya.

Endang Pudyastuti, pendamping perwakilan LLHPB PPA, berharap agar webinar ini membuka wawasan anggota ‘Aisyiyah dan sebagai acuan dalam mengemban program lain di daerah masing-masing. “Semoga program ini dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat di cabang dan ranting, serta dapat membentuk ranting-ranting baru,” kata Endang. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here