News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal

Lazismu Berikan Modal Usaha Bagi UMKM Terdampak Covid-19

YOGYAKARTA — Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta berikan bantuan modal usaha kepada 30 UMKM yang terdampak Covid-19 pada Sabtu (29/08/2020) di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Jl Gedongkuning Yogyakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri Pengurus Lazismu Wilayah DIY, Lazismu Daerah se-DIY, Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) dan penerima manfaat.

Marzuki, Manager Regional Lazismu DIY, menjelaskan, pemberian bantual modal usaha ini merupakan program pemberdayaan UMKM yang diinisiasi oleh Lazismu Pusat yang diturunkan ke Lazismu Wilayah dan Daerah untuk mengembangkan potensi ekonomi keluarga atau masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dalam upaya mengentaskan kemiskinan, khususnya dimasa pandemi Covid-19.

Program ini dilaksanakan di seluruh Kantor Lazismu di Indonesia dan dilaksanakan secara terkoordinasi. Selain modal usaha, Lazismu juga memberikan paket sembako senilai Rp. 250 ribu per paket.

Marzuki menambahkan, program pemberdayaan UMKM ini juga bekerjasama dengan Wardah, Alfamidi dan zakat dari Anggoro Eko Cahyo serta bantuan modal pendampingan usaha dari JSM.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Lazismu DIY, Eka Yuhendri, menambahkan, program pemberdayaan UMKM ini tidak hanya terhenti hanya dengan pemberian modal usaha. “Tapi juga Lazismu akan melakukan pendampingan,” kata Eka Yuhendri, yang menambahkan Lazismu DIY memberikan bantuan kepada UMKM dengan total anggaran Rp 120 juta untuk lima Kabupaten dan Kota se-DIY, dengan pencairan tahap awal sebanyak Rp 90 juta.

Adapun skema pencairan dana melalui Lazismu di tiap Kabupaten dan Kota se-DIY itu sebagai upaya berkontribusi dalam membangun UMKM di Indonesia. “Mengingat sektor tersebut menjadi salah satu roda besar dalam perputaran ekonomi di Indonesia,” ungkap Eka.

Dikatakan Eka, masing-masing Lazismu itu membina 5 UMKM. “Tentu dengan penyaringan seperti punya surat keterangan miskin, punya embrio usaha atau usaha unik itu sudah ada,” lanjut Eka.

Setiap UMKM nantinya akan mendapatkan bantuan Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta dengan jumlah keseluruhan ada 30 UMKM.

Selain itu, dilakukan pula pembinaan dengan mengandeng Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) dan Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) di bawah naungan Muhammadiyah.

Bantuan tersebut akan disempurnakan dengan pendampingan, pembinaan, dan pengembangan usaha. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here