Dosen UAD Terpilih sebagai Tokoh Inspiratif dan Berpengaruh 2020

YOGYAKARTA — Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yudhiakto Pramudya, Ph.D., terpilih sebagai salah satu Tokoh Inspiratif dan Berpengaruh dalam Bidang Sains tahun 2020 oleh Forum of Scientist Teenagers (Fosca). Jumlah tokoh terpilih sebanyak 75 orang, terbagi dalam dua bidang yaitu Sains dan Pendidikan.

Fosca adalah forum perkumpulan siswa yang fokus pada kegiatan ilmiah, berkantor di Jakarta Pusat. Jumlah 75 tokoh terpilih tersebut disesuaikan dengan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun ini ke-75.

Yudhiakto Pramudya dinilai mampu menjadi inspirasi dalam karyanya mengembangkan alat peraga astronomi untuk tuna netra. Berbagai penelitian telah dipublikasikan baik berupa buku modul pembelajaran, alat peraga, maupun publikasi di jurnal dan prosiding konferensi nasional maupun internasional.

Ia juga terlibat sebagai kontributor pada Working Group of Equity and Inclusion di International Astronomical Union. Dibantu mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Fisika UAD, sejumlah alat peraga astronomi tersebut dipamerkan di Observatorium UAD untuk dapat memberikan akses lebih luas kepada difabel. Tunanetra juga dapat mendapatkan pengalaman menggunakan Planetarium Tactile. Rasi bintang di planetarium tersebut dapat diraba oleh tunanetra sehingga mereka dapat belajar posisi benda langit dan simulasi geraknya.