Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Audit Keuangan UMY Capai Opini Wajar Tanpa Pengecualian

BANTUL — Setiap institusi seperti perguruan tinggi memiliki sistem pengelolaan keuangannya tersendiri yang akan diaudit setiap tahunnya untuk melihat transparansi dan tingkat akuntabel serta kesehatan keuangan, termasuk Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Pada tahun 2020, audit keuangan UMY mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

WTP merupakan hasil dari audit keuangan yang diberikan oleh auditor jika tidak ditemukan kesalahan secara keseluruhan dari laporan keuangan serta jika laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntasi yang berlaku. WTP merupakan opini tertinggi dari sistem audit keuangan.

Kantor Akuntan Publik, selaku auditor keuangan memberikan opini WTP kepada UMY dengan serapan dana sebanyak 85 persen hingga 90 persen dengan berdasar pada standar yang telah ditetapkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) yaitu Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) dan PSAK 45 tentang Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba. Hal ini berarti, bahwa UMY memiliki sistem yang baik dalam mengelola keuangan untuk perencanaan, penganggaran, pencairan, serta pertanggungjawaban anggaran.

Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak., CA., AAP-A., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Keuangan dan Aset UMY, mengungkapkan bahwa sistem pengelolaan yang digunakan oleh UMY sudah berbasis komputer. Sistem tersebut diberi nama MASMUHA atau Management Accounting System for Muhammadiyah Higher Education dimana laporan keuangan dapat diberikan secara cepat.

“Capaian ini merupakan yang pertama kalinya bagi UMY setelah mengembangkan sistem sejak tahun 2002. Ini berarti UMY telah berhasil mengelola dana dari masyarakat termasuk orang tua siswa, pendonor, pemerintah dan pemberi hibah secara baik dan akuntabel serta dengan kinerja yang maksimal,” terangnya saat ditemui oleh BHP pada Selasa (01/09).

Selain itu, Suryo mengungkapkan bahwa capaian ini berpengaruh besar pada rasa kepercayaan masyarakat untuk UMY dalam hal pengelolaan keuangan sebagai amanah dari masyarakat dibuktikan dengan animo pendaftar UMY meskipun sedang dalam masa pandemi.

“Harapannya UMY bisa terus mengabdi secara kontinyu kepada masyarakat. Dengan opini WTP ini, semoga tingkat kepercayaan masyarakat semakin meningkat terhadap UMY,” ungkapnya. (ays)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here