Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UMY Tambah Lagi Dosen Yang Sandang Gelar Doktor Menjadi 217

BANTUL — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan kabar gembira, yang kali ini datang dari dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Dr. Totok Suwanda ST., MT., yang sukses meraih gelar doktor dari Universitas Brawijaya pada hari Rabu (2/1).

Keberhasilan itu didapat usai Totok melewati ujian disertasi yang digelar secara online dengan tayangan live streaming Youtube di Gedung G6 Lantai 2 Kampus Terpadu UMY.

Dosen Teknik Mesin UMY itu membawakan judul disertasi ‘Optimasi Kekuatan Tarik Sambungan Pada Pengelasan Continuous Drive Friction Welding Dissimilar Metal AA6061 dengan AISI304’. Pembawaan yang tenang dan lancar, membuat Promotor dan Penguji sidang yang semuanya berasal dari UB memberikan nilai sangat memuaskan kepada Totok.

“Setelah ujian yang cukup menegangkan, kami selaku ketua sidang, promotor, dan penguji telah berdiskusi bahwa setelah mempertimbangkan ketekunan selama mengikuti proses belajar mengajar di Universitas Brawijaya, serta keseriusan, etika, dan kemampuan promovendus dalam mempertahankan disertasinya, saudara Totok Suwanda dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan secara resmi diberikan hak untuk menyandang gelar doktor,” ujar Ketua Sidang Dr. Eng. Anindito Purnowidodo, ST., M.Eng, yang juga kepala Prodi S3 Teknik Mesin UB.

Dr. Totok Suwanda ST., MT., tercatat sebagai mahasiswa S3 Universitas Brawijaya Malang angkatan 2013, sehingga demikian dosen UMY itu menyelesaikan studi untuk gelar doktornya selama 6 tahun lima bulan, tujuh hari, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.92. 

“Sekali lagi kami ucapkan selamat atas lulusnya Dr. Totok Suwanda ST., MT., pada sidang disertasi hari ini. Setelah melalui perjuangan yang panjang, akhirnya bisa mendapatkan gelar tersebut,” timpal salah satu dosen pembimbing Prof. Dr. Ir. Rudy Soenoko, M.Eng.Sc.

Dengan Totok yang sudah menyandang gelar doktor, menambah jumlah doktor yang ada di UMY sekaligus menjadi kabar bahagia untuk sivitas akademika.

“Ini menjadi kabar bahagia untuk kita semua, karena dengan ini tambah lagi jumlah doktor di UMY menjadi 217, dan pak Totok menjadi doktor ke 29 di Fakultas Teknik, serta doktor ke 9 di Prodi Teknik Mesin, sekaligus menggenapkan jumlah 20 dosen yang lulus S3 dari Universitas Brawijaya. Kami juga berharap dengan kelulusan Dr. Totok., bisa segera disusul oleh dosen-dosen UMY lainnya, yang mana saat ini terdapat 6 dosen Teknik Mesin yang sedang menjalani S3,” tutup Dr. Ir. Sukamta ST., MT., IPM., Wakil Rektor Bidang Akademik UMY yang secara eksklusif memberikan sambutan di acara sidang disertasi tersebut. (Hbb)


Sumber berita: Rilis UMY

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here