Kontribusi Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19

YOGYAKARTA — Dalam rangka menyambut Hari  Internasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB) UAD Yogyakarta, Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC), Erasmus+ Building Universities in Leading Disaster Resilience (BUiLD) serta Dahlan Rescue Community (DRC), selenggarakan webinar nasional secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan yang diikuti 800 orang peserta dari berbagai daerah tersebut rencananya dibuka Wakil Rektor V Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  Gatot Sugiharto, SH, MH. Karena berhalangan hadir maka diwakili Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Choirul Fajri, MA.

Dikatakan Choirul Fajri, sudah saatnya mahasiswa bijak dalam mengatur waktu. “Tidak hanya sekadar kuliah dan mengerjakan tugas, namun juga harus mampu mengaplikasikan ilmunya untuk berkiprah secara nyata dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar,” kata Choirul Fajri.

Pada kesempatan itu, H Budi  Setiawan, ST selaku Ketua MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Budi Santosa (Koordinator Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiapsiagaan MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah), Cahyono (Ketua UKM Madapala UAD) dan Farid Syakur berharap agar mahasiswa mampu berkiprah sebagai pahlawan pengurangan risiko bencana di sekitarnya.