Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan Jadi Momentum UMY Silaturahmi dengan Guru BK SMA/MA/SMK Se-DIY Pertama Kali! UAD akan Adakan Shalat Idulfitri di Lapangan Bola UMY Berikan 1700 Bingkisan Idulfitri kepada Guru TK ABA dan Muhammadiyah Tim Dosen UAD Dampingi Usaha Pasir Kucing BUMKal Hargomulyo Gunung Kidul Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan

Launching KKN UMY ke Panti Asuhan

YOGYAKARTA — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) baru saja me-launching program KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah. UMY berencana menerjunkan Mahasiswa KKNnya ke 22 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di bawah koordinasi Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta.

Kegiatan ini di launching oleh Dr.Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. selaku rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

“Model KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah ini merupakan bentuk baru sekema KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, semoga dengan ini akan ada banyak manfaat serta menjadi wadah untuk saling membantu,”Pungkas Rektor UMY Dr.Ir. Gunawan Budiyanto, M.P. dalam sambutannya.

Berlangsung di Gedung AR Fakhrudin B Lt.05, kegiatan launching program KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah disaksikan dan dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se D.I. Yogyakarta. Turut hadir pula perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta Drs. Sukiman, M.A, Lazismu Pusat Prof. Hilman Latief, Ph.D, Anggota Majelis Pelayanan Sosial Wilayah Muhammadiyah D.I. Yogyakarta, dan Perwakilan mahasiswa yang akan berkegiatan KKN di Panti Asuhan.

Ridwan Furqoni, M.P.I selaku Ketua Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY dalam sambutanya menyampaikan program-program pelayanan sosial Muhammadiyah Yogyakarta serta ucapan terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah menjadikan AUMSOS Panti Asuhan Muhammadiyah sebagai lokasi tempat mahasiswa melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

“Program Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY mengacu pada daftar PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dari Dinas Sosial. Saat ini kami melakuka pendampingan pada 22 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se DIY, Pelayanan Lansia Muhammadiyah dan Pelayanan Ambulan Muhammadiyah D.I.Y. Terimakasih kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang akan menjalankan program KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah”.

Di sisi lain badan Pembina Harian UMY Dr. Agung Danarto, M.Ag menyampaikan hingga saat ini UMY terus berfokus untuk berbagi sebagai realisasi Al-Maun, “Adanya skema KKN pemberdayaan di panti asuhan ini merupakan wujud nyata melaksanakan pesan Al-Maun yang sudah bertahun-tahun salah satu menjadi dasar teologis gerakan kita,” pungkasnya.

Dalam kegiatannya, launching program KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah ini bersama dengan pemberian program ketahanan pangan oleh Lazismu Pusat kepada Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se D.I. Yogyakarta. Lazismu Pusat memberikan 1000 makanan siap saji yang akan dibagikan keseluruh panti asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah se D.I. Yogyakarta.

Tidak hanya itu, Lazismu Pusat juga menyalurkan program bantuan Save Our School serta Bakti Guru yang bekerja sama dengan Unit Pengelola Zakat Permata Bank Syariah.

Diakhir kegiatan, dilakukan penandatanganan surat kesediaan menjadi mitra KKN Pendampingan Panti Asuhan Muhammadiyah se D.I. Yogyakarta dilanjutkan kegiatan sharing dan perkenalan awal bagi mahasiswa dan pengurus panti asuhan yang di koordinir oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (mpwpwmdiy)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here