5 Jalan untuk Menyatukan Umat

Oleh: Yayat Hidayat*)

Siapapun diantara kita tidak ada yang menghendaki adanya sebuah perpecahan, pertikaian, dan hal-hal yang bisa menyebabkan kepada kebinasaan. Berpecah belah jalan menuju kehancuran, maka kesatuan merupakan tonggak kebangkitan dan meraih kembali kemuliaan. Realitas yang didambakan saat ini adalah bersatunya umat Islam di atas asas-asas agama. Karena Islamlah yang mampu menjadikan  bangsa_bangsa Arab menyatu penuh ukhuwah dalam Agama Allah.

Sebagaimana Islam dengan akidah, ibadahnya yang benar dan akhlaknya yang mulia, telah menjadikan bangsa-bangsa yang masuk kedalamnya sebagai sebuah umat yang satu yang kuat laksana satu jasad. (Q.S. al_Hujurat: 10).

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Dalam konteks kekinian dari mana memulai secara intens pokok-pokok penting yang bisa menyatukan sehingga mereka bisa menyatu dalam ikatan yang kuat dan kokoh? (Q.S. Ali Imran: 103);