News

News

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa

Lazismu DIY Launching Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah

YOGYAKARTA — Tepat pada Milad Muhammadiyah ke-108, Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta melaunching Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah di ruang aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (19/11/2020), yang dihadiri Ketua PWM DIY H Gita Danu Pranata, SE, MM, Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) se-DIY, Lazismu se-DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-DIY, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-DIY, Majelis Lembaga dan Ortom tingkat Wilayah DIY dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) se-DIY.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting guna mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Dijelaskan Cahyono, S.Ag, Ketua Lazismu DIY, kegiatan kali ini merupakan hari istimewa bagi Lazismu DIY untuk launching Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah.

Hal ini menandaskan bahwa salah satu kiprah Muhammadiyah adalah kesiapsiagaannya. Dan salah satu ciri khas Muhammadiyah adalah kedermawaannya. “Adapun salah satu kekhasan Muhammadiyah adalah kerelaannya,” ungkap Cahyono.

Usai melaunching Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah, Ketua PWM DIY, H Gita Danu Pranata, SE, MM, mengatakan, Surat Keputusan (SK) mengenai Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah ini sudah dikeluarkan oleh PWM DIY. “Sehingga tanggal 18 pada setiap bulannya menjadi Hari Dana Kesiapsiagaan Bencana Muhammadiyah,” terang Gita Danu Pranata.

Dalam menguatkan konsep One Respon One Muhammadiyah (OMOR), diadakan pula diskusi dengan pemateri oleh Arif Jamali Muis, S.Pd, M.Pd (Wakil Ketua PWM DIY), Drs Purwadi, Ph.D (Ketua LPB DIY) dan Cahyono, S.Ag.

Ketua PWM DIY, H Gita Danu Pranata, SE, MM, mengatakan, konsep OMOR harus benar-benar menjadi  ciri khas dan kiprah dari Muhammadiyah. “Dengan bersama-sama bersinergi dan bekerjasama akan lebih menambah peran keumatan semua komponen persyarikatan Muhammadiyah,” ungkap Gita Danu Pranata.

Ini merupakan salah satu pola Muhammadiyah dalam menanggulangi berbagai macam persoalan kemanusiaan di masyarakat. “Sehingga dalam konsep OMOR mampu memberikan syiar kebermanfaatan untuk umat, maka Lazismu dan Majelis, Lembaga serta Ortom yang lainnya bisa bersinergi,” ungkap Cahyono.

Diharapkan pada tanggal 18 menjadi Hari Kesiapsiagaan Bencana Lazismu. Semoga semuanya bisa diberikan kemudahan.

Pada kesempatan itu, Lazismu menyerahkan secara simbolis bantuan Respon Bencana Merapi kepada LPB DIY sebanyak Rp. 31 juta. Selain itu juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) DIY untuk bantuan pendirian Selter Pesantren Covid-19 senilai Rp. 50 juta. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here