News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Muhammadiyah Berdiri di Atas Semua Kontestan

YOGYAKARTA — Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta berharap agar pelaksanaan Pilkada di DIY berjalan damai dan lancar.

Berkenaan dengan pelaksanaan Pilkada di DIY — khususnya di Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Sleman — pada 9 Desember 2020 mendatang, PWM DIY melalui Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) menjelaskan bahwa Muhammadiyah berdiri di atas semua kontestan dan teguh bersikap netral serta imparsial.

“Muhammadiyah mempersilakan anggotanya untuk berperan di dalam Pilkada,” kata Suwandi Danusubroto kepada jurnalis di Ruang Sidang PWM DIY, Jl Gedongkuning, Jum’at (20/11/2020) sore, didampingi Saleh Tjan dan Farid Bambang Siswantoro.

Suwandi menambahkan anggota Muhammadiyah harus menaati Surat Keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 41/KEP/I.0/B/2013. Anggota Muhammadiyah yang menjadi tim sukses harus nonaktif. Sementara itu bagi kader Muhammadiyah yang menjadi calon bupati atau calon wakil bupati harus mengundurkan diri dari jabatan struktural.

Selain itu, kata Suwandi, juga mengindahkan semua kaidah berbangsa dan bernegara yang termaktub dalam Tujuh Pokok Pikiran Mukaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah dan Khittah Kebangsaan Muhammadiyah yang dikenal Khittah Denpasar 2002.

Ditambahkan Saleh Tjan, sebetulnya Muhammadiyah telah mengingatkan pemerintah agar pelaksanaan Pilkada itu ditunda. “Tapi dalam perjalanannya justru proses Pilkada itu tetap berlangsung,” kata Saleh Tjan.

Muhammadiyah meminta kepada penyelenggara dan pemerintah agar bertanggungjawab sepenuhnya manakala terjadi eskalasi penyebaran dan penularan Covid-19. “Karena terjadinya kerumunan dalam prosesi dan pelaksanaan Pilkada,” kata Saleh Tjan.

Di sisi lain, seperti disampaikan Farid Bambang Siswantoro, Muhammadiyah meminta penyelenggara dan pengawas agar bertindak profesional, jujur dan adil dalam penyelenggaraan Pilkada.

Selain itu, kata Farid, Muhammadiyah meminta kepada semua pasangan calon agar tidak menggunakan cara-cara yang tidak mendidik dalam kegiatan kampanye maupun penggalangan dukungan.

“Muhammadiyah menyerukan kepada semua pihak dan khususnya kepada anggota Muhammadiyah agar tidak melakukan pelanggaran peraturan pelaksanaan Pilkada,” papar Farid.

Terlebih lagi agar tidak melakukan tindakan money politics dalam bentuk apapun. “Mengingat hal itu merupakan pembusukan demokrasi yang dampaknya sangat merusak dalam jangka pendek maupun jangka panjang,” ungkap Farid.

Dalam ajang Pilkada 2020 ini, Muhammadiyah meminta kepada semua warga Muhammadiyah agar menjaga marwah Muhammadiyah sebaik-baiknya dengan tidak memanfaatkan fasilitas Muhammadiyah dalam bentuk apapun, baik infrastruktur maupun jaringan untuk memenangkan pasangan calon tertentu seraya menyisihkan calon lain.

Muhammadiyah juga mengingatkan kepada oknum anggota Muhammadiyah yang melakukan fatsoen politik, yakni mengintervensi untuk mobilisasi jaringan dan struktur persyarikatan Muhammadiyah guna kepentingan Paslon Pilkada, agar kembali ke jalan yang benar.

Mengingat masih berlangsungnya masa pandemi Covid-19, Muhammadiyah menyerukan kepada semua pihak agar proaktif mencegah dan menjaga agar tidak terjadi penularan wabah tersebut.

“Minimal dengan cara tidak berkerumun, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga persinggungan fisik sebagaimana ditentukan dalam protokol kesehatan,” kata Suwandi. (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here