Kantor KKUI UAD Adakan Seminar Daring Strategi Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Asing

YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengadakan Seminar Daring “Strategi Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Asing di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Virtual Student Mobility”, Senin (23/11/2020).

Seminar daring ini diinisiasi oleh Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) UAD Yogyakarta — khususnya Bidang Kerjasama Luar Negeri — dan menunjuk Ida Puspita, MA.Res sebagai ketua pantia.

Seminar daring ini diikuti oleh para pejabat struktural terkait di UAD Yogyakarta dan perwakilan peserta dari Perguruan Tinggi lain dari seluruh Indonesia. 

Kepala Kantor Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) UAD, Dwi Santoso, Ph.D, mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai respon dari sektor pendidikan tinggi yang terkena dampak Covid-19. “Dan salah satu dampak terbesar yang dialami oleh pendidikan tinggi adalah berhentinya mobilitas mahasiswa secara luring, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Dwi Santoso, Ph.D.

Ketika membuka acara tersebut, Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kreatifitas perguruan tinggi, khususnya UAD, dalam menanggulangi kendala internasionalisasi perguruan tinggi akibat adanya pandemi Covid19. “Sehingga dapat menciptakan peluang-peluang kegiatan yang dapat mendatangkan mahasiswa asing di Perguruan Tinggi sebagai salah satu indikator kualitas dari prodi dan Perguruan Tinggi pada umumnya,” papar Muchlas.