News

News

MediaMU.COM

Apr 25, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius

Kerjasama MPS PWM DIY dan Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta-Gamping

YOGYAKARTA — Penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak Asuh dan Pengasuh ‎(Jamkesa) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY dan Kantor Layanan Lazismu Rumah Sakit PKU Yogyakarta dan Gamping berlangsung di aula RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jum’at (20/11/2020).

Kegiatan tersebut dengan penyelenggaraan terbatas mengingat protokol kesehatan dan terkait dengan pertemuan di masa Covid-19.

Hadir dalam acara tersebut Dr Abdul Ghofar (Wakil Ketua PWM DIY yang membidangi Pelayanan Sosial), ‎ H Muhammad Isnawan, SE, MPH (Dewan Pembina RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping), Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr H Mohammad Komarudin, Sp.A, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol, Sp.Rad, M.Kes, MMR, Ridwan Furqoni (Ketua Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY).

Selaku Dewan Pembina RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, H Muhammad Isnawan, SE, MPH, mengapresiasi adanya kerjasama tersebut. “Keberadaan kantor layanan Lazismu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping dapat memberikan dampak signifikan,” kata HM Isnawan.

Menurut Isnawan, salah satu contoh adanya jaminan kesehatan kepada anak asuh dan pengasuh untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-‎DIY. “Tidak ada kata tidak untuk anak yatim piatu sebagai salah satu wujud nyata gerakan Al-Maun,” tandasnya.

Adapun keberadaan Kantor Layanan Lazismu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ini sangat bagus. “Karena dapat menghimpun, mengelola dan langsung bisa mentasyarufkan melalui skema yang dimiliki Lazismu,” ungkap HM Isnawan.

Disisi lain, Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dr H Mohammad Komarudin, Sp.A, sangat mendukung dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi anak asuh maupun pengasuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY.

Pada kesempatan itu dr H Mohammad Komarudin, Sp.A memberikan masukan pengembangan program yang berkaitan dengan pembiayaan program.

Penandatanganan surat kerjasama dilakukan oleh Ridwan Furqoni, MPI selaku pihak dari Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY dan Alfis Khoirul Khisoli, S.Kom, MSi dari pihak KL Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping.

Poin catatan penting dari kesepakatan tersebut antara lain berupa pembebasan pembiayaan pengobatan, rawat jalan ‎dan rawat inap untuk anak asuh dan pengasuh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY.

Ridwan Furqoni mengungkapkan, jaminan kesehatan anak asuh dan ‎‎pengasuh didapatkan oleh lembaga apabila prosedur validasi berhasil dilakukan.

Pihak RS PKU ‎‎Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping akan meninjau validasi identitas anak asuh dan pengasuh ‎‎melalui aplikasi Sistem Informasi Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah Daerah Istimewa Yogyayarta yang telah ‎‎dimiliki Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY. ‎

‎Lembaga tersebut akan didorong untuk selalu update data anak asuh dan pengasuh secara berkala. “Sehingga ‎prosedur administratif untuk mengakses jaminan kesehatan akan mudah dan cepat ‎dilakukan,” terang Ridwan Furqoni.

Pada intinya, akan sama-sama memudahkan. Dan Dr Abdul Ghofar, Wakil Ketua PWM DIY yang membidangi Pelayanan Sosial, menyampaikan apresiasi dan banyak terimakasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam proses kerjasama ini.

“Saya berharap agar ke depan terdapat jaminan kesehatan untuk lansia yang merupakan program dari Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY yang bisa dikerjasamakan mengingat komplektisitas pada kesehatan lansia tidaklah sederhana,” kata Abdul Ghofar.

Diharapkan program ini bisa lancar dan memberikan banyak manfaat. Selain itu, jaminan kesehatan ini tidak berhenti pada anak asuh dan juga pengasuh panti asuhan. Namun kevdepan dapat memfasilitasi pelayanan kesehatan pada lansia mengingat komplektisitas kesehatan pada lansia tidaklah sederhana.

Acara penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak Asuh dan Pengasuh Lembaga Kesejahteraan ‎Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY diakhiri dengan penyampaian amanah dan doa dari Dr Abdul Ghofar selaku Wakil Ketua PWM DIY. (mpspwmdiy)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here