Kerjasama MPS PWM DIY dan Lazismu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta-Gamping

YOGYAKARTA — Penandatanganan kerjasama Jaminan Kesehatan Anak Asuh dan Pengasuh ‎(Jamkesa) Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta antara Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY dan Kantor Layanan Lazismu Rumah Sakit PKU Yogyakarta dan Gamping berlangsung di aula RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Jum’at (20/11/2020).

Kegiatan tersebut dengan penyelenggaraan terbatas mengingat protokol kesehatan dan terkait dengan pertemuan di masa Covid-19.

Hadir dalam acara tersebut Dr Abdul Ghofar (Wakil Ketua PWM DIY yang membidangi Pelayanan Sosial), ‎ H Muhammad Isnawan, SE, MPH (Dewan Pembina RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping), Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr H Mohammad Komarudin, Sp.A, dan Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol, Sp.Rad, M.Kes, MMR, Ridwan Furqoni (Ketua Majelis Pelayanan Sosial PWM DIY).

Selaku Dewan Pembina RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, H Muhammad Isnawan, SE, MPH, mengapresiasi adanya kerjasama tersebut. “Keberadaan kantor layanan Lazismu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping dapat memberikan dampak signifikan,” kata HM Isnawan.

Menurut Isnawan, salah satu contoh adanya jaminan kesehatan kepada anak asuh dan pengasuh untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-‎DIY. “Tidak ada kata tidak untuk anak yatim piatu sebagai salah satu wujud nyata gerakan Al-Maun,” tandasnya.

Adapun keberadaan Kantor Layanan Lazismu di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping ini sangat bagus. “Karena dapat menghimpun, mengelola dan langsung bisa mentasyarufkan melalui skema yang dimiliki Lazismu,” ungkap HM Isnawan.

Disisi lain, Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dr H Mohammad Komarudin, Sp.A, sangat mendukung dan menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi anak asuh maupun pengasuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muhammadiyah-Aisyiyah se-DIY.

Pada kesempatan itu dr H Mohammad Komarudin, Sp.A memberikan masukan pengembangan program yang berkaitan dengan pembiayaan program.