Islam

Islam

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Tirai Pemikiran 3: Wahdatul Wujud

Oleh: Robby H. Abror *)

Wujud bentuk masdar dari wajada dan wujida, yang berarti menemukan dan ditemukan. Istilah wujud sering diterjemahkan sebagai being atau existence, yakni ada. Meskipun padanan kata itu dianggap belum memadai untuk menggantikan istilah wujud. Wujud dalam konteks ini yang dimaksudkan adalah wujud Tuhan sebagai realitas absolut dan mutlak. Dalam diskursus tasawuf, mereka yang menemukan Tuhan dalam alam dan dalam diri mereka sendiri disebut sebagai ahlu al-kasyf, yakni mereka yang menyingkapkan dan menemukan Tuhan. Wujud secara praksis adalah syuhud, yakni tindakan menyaksikan dan juga merenungkan.

Wahdat al-wujud istilah yang diidentikkan dengan nama besar Muhyiddin Ibnu ‘Arabi, meskipun tidak ditemukan penyebutannya dalam berbagai karyanya. Di Barat orang menyebutnya dengan banyak nama, seperti: monisme, panteisme, panenteisme, monisme ontologis, monisme panteistik, monisme eksistensial, mistisisme natural, dan sebagainya. Semuanya tidak memadai untuk disepadankan dengan istilah wahdatul wujud. Wahdatul wujud adalah doktrin tentang transendensi Tuhan yang dipelihara dalam diskursus teoretik dan amali dalam tasawuf atau irfan.

Wujud Tuhan adalah satu-satunya wujud, sehingga tidak ada wujud selain wujud-Nya. Selain Tuhan, apapun itu tidak mempunyai wujud. Jika wujud hanya milik Tuhan, maka alam ini tidak lain adalah “pinjaman” dari wujud Tuhan. Matahari dengan sinar cahayanya yang menerangi bumi adalah “pinjaman” bagi penghuninya. Semua akan kembali kepada pemiliknya. Jika ketiadaan (‘adam) adalah kegelapan, maka cahaya (nur) itulah wujud yang paling nyata.

Dalam Hadis Qudsi atau yang dikenal sebagai Hadis Tajalli, Allah berfirman, “Aku adalah harta simpanan tersembunyi (kanz makhfi) karena itu Aku rindu untuk dikenal. Maka Aku ciptakan makhluk, sehingga melalui-Ku mereka mengenal-Ku.”Segala sesuatu yang tampak di alam ini hanya terdiri dari dua hal penting, yaitu: al-Haqq, yakni realitas absolut atau yang mutlak, yaitu Tuhan, dan al-khalq yaitu semua ciptaan-Nya yang serba relatif. Ciptaan (al-khalq) adalah cermin bagi Tuhan (al-Haqq) dan al-Haqq adalah cermin bagi al-khalq. Tuhan menciptakan alam, karena Tuhan ingin melihat diri-Nya. Tujuan penciptaan alam bukan hanya untuk melihat diri-Nya semata, tetapi juga untuk memperlihatkan diri-Nya. Tuhan ingin memperkenalkan diri-Nya lewat alam. Alam adalah penampakan diri (tajalli) al-Haqq. Tajalli adalah proses penampakan diri al-Haqq. Segala sesuatu dan peristiwa yang terjadi di alam ini adalah penampakan diri atau entifikasi (ta’ayyun) al-Haqq. Tuhan dan alam hanya dapat dipahami melalui kesatuan antara kontradiksi-kontradiksi ontologis (coincidentia oppositorum), seperti konsep yang tampak (al-dhahir) dan yang batin (al-batin), yang awal (al-awwal) dan yang akhir (al-akhir), transenden (tanzih) dan imanen (tasybih), dan seterusnya.

Wujud Tuhan yang esa dalam zat-Nya, dalam manifestasi teofaniknya dapat berupa berbagai penampakan. Jika dikaitkan dengan tanzih (ketidakdapatdiperbandingkan, ketidaksebandingan, ketidakserupaan)-Nya, wujud Tuhan adalah tunggal, esa, mutlak, sedangkan jika dikaitkan dengan tasybih (kemiripan, keserupaan)-Nya, dapat berupa banyak penampakan. Al-Haqq menampakkan diri-Nya sebagai yang berbeda-beda karena perbedaan realitas dalam al-khalq. Al-Haqq mengetahui segala sesuatu dalam diri-Nya sebagai a’yan tsabitah (entitas-entitas permanen) dan Dia menciptakan alam ini berdasarkan pada hal tersebut.

Konsep wahdatul wujud ini merupakan perbincangan rahasia puncak dan penuh misteri yang menjadi pusat penjelasan dalam kajian tasawuf atau irfan. Konsep yang lahir dari pengembaraan spiritual yang paling personal pada diri salik, sang pesuluk dan pecinta ilahi. Sifatnya yang gnostik, meskipun dibantah kaum eksoteris, pada kenyataannya tak pernah surut dari analisis yang jernih dan pengakuan yang teliti dari kaum esoteris. Muncul cahaya kearifan yang menyirami dahaga pengetahuan yang diderita oleh para pencari dan peniti jejak Tuhan. Wahdatul wujud adalah pengalaman spiritual yang dimanifestasikan dalam tradisi sufisme Syeikh Akbar Ibnu ‘Arabi tak pernah padam diperbincangkan.

Dalam karyanya al-Futuhat al-Makkiyah, Ibnu ‘Arabi mengatakan:

Segala wujud adalah satu dalam realitas, tiada sesuatu pun bersama dengannya.
Wujud tidak lain dari al-Haqq karena tidak ada sesuatu pun dalam wujud selain Dia.
Tiada yang tampak dalam wujud melalui wujud kecuali al-Haqq, karena wujud adalah al-Haqq, dan Dia adalah satu.
Entitas wujud hanyalah satu, tetapi hukum-hukumnya beraneka.
Al-Haqq itu satu dalam wujud karena semua yang mungkin yang dapat dilihat, disifati dalam keadaan ini dengan ketiadaan. Semua yang mungkin itu tidak mempunyai wujud dan tidak ada pertentangan dalam wujud, karena sesungguhnya wujud adalah satu realitas yang tidak bertentangan dengan dirinya sendiri.


*) Ketua MPI PWM DIY, Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here