MediaMU.COM

MediaMU.COM

Portal Islam Dinamis Berkemajuan

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Bersyukurlah Masih Bisa Membaui Kentut

YOGYAKARTA — Seiring dengan virus Corona yang menyebar di Indonesia sejak awal tahun 2020, nama dokter Corona Rintawan, Sp. EM., pun sangat dikenal masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah. Selain ada kesamaan nama antara dokter dan virus yang ditangani, sejak Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dibentuk PP Muhammadiyah 5 Maret 2020, pria kelahiran Surabaya 1 Januari 1975 diamanti sebagai ketuanya.

Tapi bukan karena kesamaan nama menyebabkan lulusan Universitas Brawijaya ini diamanati sebagai Ketua MCCC PP, dokter Corona adalah spesialis kegawatdaruratan dari RS Muhammadiyah Lamongan dan menjadi Emergency Medical Team Muhammadiyah untuk misi Internasional. Pada pertengahan April 2021 ia ditarik ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai staf khusus, sehingga pos Ketua MCCC PP berpindah ke Agus Samsudin sampai sekarang.

Pembawaan tenang dan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat luas menyebabkan dokter Corona seperti menjadi public figure. Di antaranya dalam Pesantren Covid-18/Muhammadiyah With You yang diselenggarakan PWM DIY, Sabtu (9/1) malam. Dari sekitar 70 peserta, lebih dari 10 yang mengajukan pertanyaan, sebagian besar perempuan.

“Sekarang orang bisa membaui kentut saja bersyukur luar biasa. Senang. Nikmat yang luar biasa Itu kan sangat berbeda dengan sebelum ada virus Corona,” katanya. Sebelumnya ia menyebutkan salah satu ciri orang terkena virus adalah hilangnya fungsi indra penciuman dan pengecap sehingga tidak bisa membaui dan merasakan.

Jika hal itu terjadi pada seseorang, tambahnya, harus sesegera mungkin melakukan swab test. Karena orang dengan tanda-tanda seperti itu biasanya 90 persen positif Covid-19.

“Tapi kadang-kadang orang kena virus ini tanpa tanda-tanda yang diketahui dari luar. Ada beberapa yang pagi hari masih ngobrol santai, sorenya meninggal dunia karena covid,” jelas Corona.

Penularan Covid-19 terjadi perubahan dan perkembangan luar biasa. “Dulu kan kita hanya mengenal menempel di benda, kemudian droplet (percikan) air ludah, kemudian bisa jatuh ke bawah, sekarang aerosol yang bentuknya lebih kecil dari droplet dan melayang di udara,” katanya.

Karena itulah saat ini terjadi penularan luar biasa, terbukti penambahan positif covid juga sangat banyak. Dalam hitungan setengah jam saja, kata Corona, aerosol bisa muncul berlipat-lipat. “Jika dalam satu ruangan ada beberapa orang dan semua diam, maka aerosol nol. Jika bicara maka satu orang bisa mengeluarkan aerosol 10 kali lipat, dan jika berteriak atau bernyanyi lipatan menjadi 50 kali,” jelasnya.

Hal yang disarankan adalah disiplin mengenakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, sering-sering mencuci tangan menggunakan sabun. “Hindari kerumunan juga penting,” tegas dokter Corona. Itu sebenarnya hal mudah dilakukan, tapi di lapangan menjadi seperti sulit.

Orang yang sedang melakukan swab karena sebelumnya muncul gejala, harusnya juga menghindari kerumunan. “Orang nunggu swab itu harus isolasi, jangan mumpung hasil swab belum keluar malah keluar, ngajak makan bersama,” katanya. Jika hasil swab sudah keluar dan positif, yang bersangkutan tidak boleh menyembunyikan informasi.

Ada pertanyaan masuk dari peserta, melihat perkembangan belakangan ini, apakah virus corona bisa hilang? Dengan tegas dokter Corona menjawab, “Bisa.” Tapi, cepat atau lambat tergantung bagaimana manusia mengambil sikap. Jika abai dan meremehkan protokol kesehatan, bisa lama.

“Sejarah menunjukkan penyebaran virus itu bisa dihentikan,” tambahnya. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here