Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Usai Libur Lebaran, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Syawalan dan Launching Lapangan Terpadu SMA Muhammadiyah 1 Yogya dan UTP Malaysia Gelar Program Moneywise: Entrepreneurship SMP Muhdasa Yogyakarta Gelar Halal Bihalal Pasca Liburan Sekolah  Mendunia, Kolaborasi Mu'allimaat Jogja dan SMA dari California Ciptakan Choir in Harmony Pesantren Kilat SMP Muhdasa: Ramadhan Minus Akhlak, Rugi Dong! Peringati Hari Film, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Gelar Festival Layar Tancap Tingkatkan Kompetisi Guru, SMP Muhdasa Inisiasi Kegiatan Kombel Tanamkan Karakter Peduli, SMP Muhdasa Adakan Takjil On The Road SMP Muhdasa Perkuat Paham Islam dan Ideologi Guru-Tendik Lewat Pembinaan 109 Guru dan Tendik SMA Muhammadiyah 1 Yogya Digembleng Baitul Arqom SMA Muhammadiyah 1 Yogya Terjunkan 109 Mubaligh Hijrah Ramadhan 1445 Semarakkan Ramadhan, Mubaligh Hijrah SMA Muhammadiyah 2 Yogya Terjun ke Warga Pajangan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari: Sekolah Unggul dan Berkemajuan Belum Lama Dilantik, Kepala Sekolah Muda ini Sabet Medali Emas di Olympicad VII Nasional Raih Enam Medali di Olympicad, SMA Mujahidin Wonosari Lampaui Prestasi Sebelumnya Jalin Kerja Sama dengan Daihatsu, SMK Musaba Resmikan Dojo Center Berkat Program SMART, Kepala SMP Muhammadiyah 2 Depok Raih Medali Emas OlympicAD 7 Ikut OlympicAD 7, SMK Muhammadiyah 1 Yogya Sajikan Film Perjuangan Jurnalis Amankan Perunggu di OlympicAD 7, SMP Muhammadiyah 3 Depok Tetap Incar Emas SD Muhammadiyah Condongcatur Raih Medali Emas Cabang Musik Akustik OlympicAD 7

Asah Kreativitas Anak Bangsa, Mu’allimaat Adakan Lomba Video Kreatif Tingkat Nasional

YOGYAKARTA — Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta melakukan inovasi perlombaan untuk mengatasi kejenuhan anak di masa pandemi Covid-19 dengan mengadakan Lomba Video Kreatif Tingkat Nasional.

Perlombaan ini ditujukan bagi anak didik kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia. Dengan mengusung tiga tema utama: etika berbusana muslim, berbakti kepada orang tua, dan perilaku hidup sehat selama pandemi Covid-19.

Hampir setiap provinsi di Indonesia mengirimkan perwakilannya pada lomba yang berlangsung Desember 2020 hingga Januari 2021.

Lomba ini dimaksudkan untuk mengajak para peserta dalam melakukan kebaikan melalui media kreatif, yakni dengan pembuatan video edukasi. Selain itu, peserta ditantang untuk menuangkan idenya dalam bentuk video yang menarik dan mudah dipahami.

Karena perlombaan ini berlangsung selama pandemi Covid-19 sehingga segala proses mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya dan seleksi dilaksanakan secara daring. Begitu pula dengan pengumuman pemenang.

Perlombaan tingkat nasional ini dimulai sejak 14 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 untuk pendaftaran dan pengiriman karya. Dilanjutkan dengan penjurian dan penilaian melalui media sosial pada 3-15 Januari 2021. Sedangkan pengumuman pemenang melalui YouTube Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta pada 17 Januari 2021.

Total keseluruhan pendaftar mencapai 64 peserta, mulai dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Lampung, Sumatera, dan lainnya.

Seperti disampaikan Agustyani Ernawati, M.Pd, Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, maksud dan tujuan diadakannya kompetisi ini untuk berdakwah dan berbagi kebaikan. “Hal ini adalah tanggungjawab semuanya, bukan hanya orang dewasa, tetapi anak-anak. Mereka juga mempunya kewajiban yang sama,” kata Agustyani Ernawati, yang menambahkan untuk berbagi kebaikan harus dibiasakan sedini mungkin melalui media apa saja.

Untuk itu, Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan satu kegiatan yang difokuskan kepada anak-anak dalam menjalani kebiasaan berbuat kebaikan sejak dini, yakni melalui lomba video kreatif.

Terdapat dua kategori pemenang, yakni juara 1-3 berdasarkan penilaian dewan juri dan juara like serta komentar terbanyak dari unggahan karya melalui media sosial masing-masing.

Hadiah berupa uang pembinaan untuk para pemenang serta e-sertifikat telah disampaikan untuk seluruh peserta yang telah mengirimkan hasil videonya.

Adapun pemenangnya adalah Juara I Filia Zahirah (SD Negeri 37 Pangkalpinang), Juara II Nazela Fajrin Nesya Putri (MI Muhammadiyah Sawangan), Juara III Adlina Ariska L (SDIT Hidayatulloh Yogyakarta), Juara Like Terbanyak Putra Arroya Ghozy Khilafah (SD Khoiru Ummah Metro), Juara Like Terbanyak Putri Nadia Briliana Hanindita (SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta), Juara Komentar Terbanyak Putra Falah Nasrullah Nirwasita (SD Muhammadiyah Suronatan), dan Juara Komentar Terbanyak Putri Hafidzoh Multazima Haniyya (SD Muhammadiyah 2 Depok). .

Antusias peserta bukan hanya terletak pada pendaftaran lomba, tapi berlanjut hingga pascakegiatan.

Respon baik disampaikan melalui kolom komentar di YouTube Mu’allimaat pada tayangan pengumuman pemenang.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada panitia lomba dan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang sudah mengadakan acara yang sangat bermanfaat sehingga saya dapat berkarya,” kata Filia Zahirah, salah satu peserta.

“Selamat juga buat ananda pemenang semua. Semangat untuk semua peserta. Kalian semua sangat hebat,” kata Agustyani Ernawati, yang juga ucapkan terimakasih kepada orangtua yang telah mengirimkan hasil karya terbaik anaknya.

Keluarga besar Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta mengucapkan selamat kepada para pemenang yang terbaik dari para peserta yang terbak. (LTA)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here