Sekolah

Sekolah

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Untuk Pastikan Kualitas Pembelajaran, SMA Muhi Yogya Gelar Seminar Parenting Online

YOGYAKARTA — Kualitas pendidikan di masa pandemi menjadi concern SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sangat berdampak pada siswa. Karena itu selain pihak sekolah yang harus selalu mempertahankan kualitas pembelajaran, orangtua di rumah juga memastikan putra/putrinya tetap fokus dan bisa belajar dengan maksimal.

Salah satu upaya sekolah adalah menyelenggarakan Seminar Parenting  “Mengoptimalkan Kerja Sama Orangtua dengan Anak dalam Pembelajaran Online” dengan nara sumber Erik Hadi Saputra, S.Kom., M.Eng. Senin (11/1) dan Selasa (12/1). Tujuannya untuk memastikan kualitas pembelajaran jarak jauh SMA Muhi Yogyakarta tetap terjamin kualitasnya.

Kegiatan hari Senin ditujukan kepada kelas XI dan Selasa untuk kelas X, semuanya dimulai pukul 12.30 WIB. Peserta seminar adalah guru karyawan, siswa, dan orangtua/wali. Melalui kegiatan ini, sekolah dan orangtua dapat belajar bersama menjadi orangtua yang baik bagi anak dan perannya dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Erik Hadi menjelaskan berbagai tanggung jawab dan tips orangtua/wali dalam mendidik dan mendampingi putra/putrinya di masa krisis. Antara lain adalah mendidik dengan keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian, serta hukuman yang bersifat lembut dan bertahap.

Kepada para siswa, ia berpesan agar terus semangat dalam belajar, selalu menjaga komunikasi dengan guru dan orangtua. Selain itu siswa harus memiliki komitmen kuat untuk belajar agar menjadi orang yang sukses.

Pada bagian lain Erik Hadi mengajak para orangtua/wali untuk melakukan relaksasi imagery, membayangkan beberapa tahun ke depan tentang putra/putri mereka. Relaksasasi guide imagery merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menurunkan kecemasan dengan cara membayangkan suatu keadaan atau serangkaian pengalaman yang menyenangkan secara terbimbing dengan melibatkan indera.

“Senang sekali, ternyata sekolah-sekolah sudah sadar akan pentingnya parenting bagi orangtua. Sambutan yang luar biasa hangat dari para orangtua/wali,” kata Erik pada awal materi.

Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Drs. H. Herynugroho, M.Pd., mengajak para orangtua untuk selalu mengawasi dan mendampingi aktivitas putra-putrinya selama pembelajaran jarak jauh.

“Saya menilai edukasi parenting dalam masa-masa seperti ini merupakan urgensi. Alhamdulillah materi yang disampaikan luar biasa dan sangat bermanfaat. Semoga kegiatan ini dapat menjaga semangat, menambah keikhlasan serta kesabaran dalam mendidik anak-anak kita saat ini serta ke depannya,” kata Herynugroho. (*)


Berita dikirim Yusron Ardi Darmawan M.Pd.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here