Remaja Harus Pahami Pentingnya Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Usia remaja adalah saat dimana perkembangan secara fisik dan mental mengalami banyak perubahan. Melalui webinar bertema “Generasi Sehat Fisik dan Mental Ada pada Diriku” Al Birru Organizer mengajak dokter Rizki berbagi cara menjaga kesehatan fisik sejak usia muda, sedangkan Kak Laila berbagi pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental.

Mengapa remaja harus mulai memahami pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan pikiran? Karena dua hal ini sangat krusial, apalagi di masa sekarang banyak yang bisa menyulut pengaruh kesehatan. Contohnya adalah maraknya fast food dan penggunaan sosial media yang membuat diri sendiri membandingkan dengan orang lain tanpa mengetahui hal itu bisa menjadi penyebab tidak sehat secara fisik maupun mental.

Dokter Rizki mengawali dengan berbagi tentang informasi kesehatan. Menurut WHO “Kesehatan itu adalah secara komplit: fisik, mental, dan sosial.” Menurut pendapat lain secara umum, kesehatan adalah kemampuan untuk perform, hidup sehari-hari, dan hidup secara nyaman dalam satu tubuh. Kesehatan setiap kondisi bisa mempengaruhi satu sama lain. Contoh, apabila sedang stress, menyebabkan tidak enak untuk makan, mau bersosialisasi merasa tidak nyaman. Menjaga kesehatan secara utuh menjadikan lebih nyaman dalam beraktivitas dan bahagia.

Ia berbagi tentang macam-macam penyakit yang selama ini dianggap remeh. Secara garis besar penyakit dibagi menjadi dua:

  1. Communicable disease: penyakit menular, seperti flu, HIV, atau Covid-19. Penyakit-penyakit ini biasanya bisa disembuhkan melalui obat/vaksin yang teruji.
  2. Non-communicable disease: penyakit tidak menular tapi sering dianggap remeh. Kalau tidak ditangani dengan baik penyakit ini akan menjadi double burden bagi seluruh negara di dunia karena penyakit akan menyerang penderita selama hidup, contohnya: diabetes.

Karena itulah pola hidup sehat harus dijaga secara teratur. Harus membiasakan diri menjaga asupan gizi dan juga menyeimbangkan dengan gaya hidup karena hal ini mempengaruhi kekuatan imunitas dan juga metabolisme tubuh. Apabila imun kita bagus, risiko tertular penyakit akan berkurang.

Cara Menyeimbangkan Gaya Hidup

Batasi mengkonsumsi gula, garam, dan minyak, serta rajin membersihkan diri. Allah SWT menciptakan setiap tubuh dengan fungsi masing-masing, maka sebaiknya selalu melakukan aktivitas fisik. Jangan rebahan terus-terusan karena otot-otot tubuh juga perlu bergerak.

Untuk terus mengontrol tubuh yang sehat dan ideal, harus rajin menghitung berat badan ideal. Coba dilihat lagi apakah kita kurang beraktivitas atau kelebihan kolesterol karena dua hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Hal lain adalah menjaga asupan makanan yang seimbang: karbohidrat, kalsium, dan jangan lupa konsumsi air putih dua liter dalam satu hari karena tubuh akan selalu membutuhkan cairan yang baik.