Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

UAD Kirim Tim Medis Ke Sulawesi Barat

YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengirim tim medis ke Sulawesi Barat, Jum’at (29/1). Tim akan memberi dukungan layanan kedaruratan kesehatan bagi warga terdampak gempa bumi di Sulbar yang dijalankan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah.

Tim medis terdiri dari satu dokter dan dua apoteker tersebut akan bertugas dari 30 Januari hingga 6 Februari 2021. Mereka adalah dokter Ade Lesmana, Teguh Uji Sungkowo, dan Nasrul Haq bin Husain,  dibekali logistik medis berupa obat-obatan, alat kesehatan, dan Alat Pelindung Diri (APD).

Pelepasan berlangsung di Kampus 1 UAD oleh Wakil Rektor UAD Bidang SDM Norma Sari, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Gatot Sugiharto, serta Wakil Rektor Bidang Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum Utik Bidayati.

Norma Sari mewakili Rektor UAD mengharapkan agar seluruh anggota tim berhati-hati dalam bertugas. “Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19 maka mohon untuk jaga dan patuhi protokol kesehatan. Semoga layanan kesehatan yang diberikan nantinya dirasakan langsung manfaatnya oleh warga terdampak,” katanya.

UAD selama ini menjadi salah satu kampus Muhammadiyah yang punya komitmen tinggi dalam penanggulangan bencana. Komitmen ini diwujudkan dengan mendirikan Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana (PSMPB). Keberangkatan hingga kepulangan tim medis diatur PSMPB yang saat ini dikepalai Dholina Inang Pambudi, dosen FKIP UAD. 

Lembaga ini bertugas menyelenggarakan kajian, studi, dan kegiatan dalam rangka upaya mitigasi dan penanggulangan bencana dalam rangka mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mengembangkan kemitraan berbasis pada kemanfaatan bersama dengan berbagai mitra strategis.

Komitmen UAD juga diwujudkan dengan pengadaan mobil dobel kabin untuk dipakai dalam penanggulangan bencana oleh MDMC.Terkait pengadaan mobil dobel kabin tersebut Rektor UAD Mukhlas Arkanudin mengatakan sebagai dukungan UAD untuk MDMC.

“Ini wujud komitmen UAD untuk mendukung kerja-kerja penanggulangan bencana oleh Muhammadiyah yang secara teknis dilaksanakan oleh MDMC di lapangan,” katanya. (hr)


Berita dikirim Bapak Arif Jamali, Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here